Sabtu, 01 Agustus 2020

Kota Kabila

Kec. Kabila Kab. Bone Bolango
Peta : https://goo.gl/maps/sKf3Dnt1Dqcj717n8
Data : BPS Kab. Bone Bolango (2020)
Penelusuran Kota Ke 986

Tour Kota Kabila Via Satelit/Map

Kabila merupakan salah satu dari 18 kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Kecamatan Kabila meliputi lima kelurahan (Padengo, Uluhuta, Tumbihe, Pauwo dan Oluhuta Utara) dan tujuh desa (Dutohe, Tanggilingo, Toto Selatan, Poowo, Talango, Poowo Barat dan Dutohe Barat). Letak Kecamatan Kabila berada di sebelah timur Kota Gorontalo, sehingga menjadi salah satu wilayah penyangga perkembangan  kota yang menjadi ibukota provinsi tersebut (kawasan yang berbatasan langsung meliputi Desa Toto Selatan, Desa Talango dan Kelurahan Pauwo). Kecamatan lainnya di Kabupaten Bone Bolango yang berbatasan langsung dengan Kota Gorotalo ialah Bulango Selatan, Tilongkabila, Botupingge, Kabila Bone

Kecamatan Kabila memiliki luas wilayah 12,63 km2 atau hanya 0,66 persen dari luas Kabupaten Bone Bolango (1.915,44 km2). Lima desa/kelurahan yang wilayahnya paling luas berturut-turut Desa Poowo, Desa Tanggilingo, Desa Dutohe Barat, Desa Dutohe dan Kelurahan Padengo.

Desa dan Kelurahan Di Kec Kabila
Sumber : BPS Kab Bone Bolango (2019)
Berdasarkan data dari buku "Kabupaten Bone Bolango dalam Angka 2020" yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone Bolango (2020), jumlah penduduk Kecamatan Kabila tahun 2019 sebanyak 23.714 jiwa, merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Bone Bolango. Jumlah penduduk Kabupaten Bone Bolango tahun 2019 sebanyak 165.334 jiwa, dengan demikian penduduk Kecamatan Kabila sekitar 14,34 persen. Lima desa/kelurahan yang paling banyak penduduknya berturut-turut Kelurahan Pauwo, Kelurahan Padengo, Kelurahan Tumbihe, Desa Tanggilingo dan Desa Dutohe Barat.

Sekitar 99,63 persen penduduk Kecamatan Kabila beragama Islam, untuk sarana peribadahan terdapat 46 masjid dan 13 mushola. Hal itu mengacu pada data dalam buku "Kecamatan Kabila dalam Angka 2019" yang diterbitkan BPS Kabupaten Bone Bolango (2019).

Adapun batas wilayah Kecamatan Kabila meliputi sebelah barat dengan Kota Gorontalo; sebelah utara dengan Kecamatan Tilongkabila (hasil pemekaran dari Kecamatan Kabila tahun 2006); sebelah timur dengan Kecamatan Suwawa (ibukota Kabupaten Bone Bolango); dan sebelah selatan dengan Kecamatan Botupingge (dibatasi Sungai Bone). (Atep  Afia Hidayat - InfoKotaKita.com)


Referensi:

Kecamatan Kabila dalam Angka 2019. BPS Kab. Bone Bolango (2019). Dalam https://bonebolangokab.bps.go.id/publication

Kabupaten Bone Bolango dalam Angka 2020. BPS Kab. Bone Bolango (2020).
Dalam https://bonebolangokab.bps.go.id/publication




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.