Senin, 16 Februari 2015

Kota Parakan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Parakan merupakan salah satu dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Luas Kota Parakan  22,23 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 51.145 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.301 jiwa per km2. Kota Parakan terletak 12 km arah barat Kota Temanggung.


Parakan merupakan kecamatan dengan luas wilayah paling sempit kedua di Kabupaten Temanggung, yaitu setelah Kecamatan Selopampang. Sedangkan jumlah penduduknya menempati peringkat keempat terbanyak, yaitu setelah Kecamatan Temanggung, Kedu dan Ngadirejo. Untuk kepadatan penduduk menempati peringkat kedua setelah Kecamatan Temanggung.
Kota Parakan meliputi dua kelurahan dan 14 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 700 - 11.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Parakan Kauman, Parakan Wetan, Mandisari, Traji dan Glapansari.

Adapun batas wilayah Kota Parakan meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Kedu; sebelah timur dan selatan dengan Kecamatan Bulu; sebelah barat dengan Kecamatan Kledung, Bansari dan Ngadirejo.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar