Minggu, 23 November 2014

Wilayah Kota Jonggol

Oleh : Atep Afia Hidayat - Nama Jonggol kini semakin populer, yaitu setelah banyak disebut dalam setiap episode sebuah sinetron di SCTV, terutama melalui sebuah soundtrack "Bapak Mana Bapa" yang dinyanyikan Trio Ubur-ubur dan Sony Wakwaw (klik di sini). Kota Jonggol merupakan salah satu dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Terletak pada jalur lintasan jalan raya yang menghubungkan Cibubur-Cileungsi-Jongol-Cariu dan tembus di jalan raya yang menghubungkan Cianjur - Bandung.

Letak Kota Jonggol di bagian timur Kabupaten Bogor, berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bekasi (Kecamatan Cibarusah) di sebelah utara; dengan Kecamatan Cariu di sebelah timur; Kecamatan Sukamakmur di sebelah selatan; Kecamatan Kelapa Nunggal di sebelah barat; serta terdapat bagian yang berbatasan dengan Kecamatan Cileungsi di sebelah utara.

Luas wilayah Kota Jonggol 134,62 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2011 sebanyak 126.326 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 938 jiwa per km2. Penduduk Kota Jonggol terdistribusi di 14 desa dengan kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 3.000 - 21.000 jiwa, peringkat lima besar jumlah penduduk berturut-turut Sukamaju, Sukamanah, Jonggol, Sukasirna dan Singajaya.


Sumber :
http://bps.go.id/download_file/Penduduk_Indonesia_menurut_desa_SP2010.pdf

2 komentar:

  1. Jonggol sebelumnya memang tak terkenal, namun sekarang lagi naik daun.

    BalasHapus
  2. Katanya deket sm jonggol ada tempat wisata seperti gren canyon yaaa,..sebelah mana nya gan

    BalasHapus