Kamis, 23 Juli 2015

Kota Cilaku

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Cilaku merupakan salah satu dari 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Luas wilayah Kota Cilaku 52,53 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 100.256 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 1.909 jiwa per km2. Cilaku merupakan kawasan paling padat kelima di Kabupaten Cianjur, yaitu setelah Kota Cianjur, Karangtengah, Pacet dan Ciranjang. Dari segi jumlah penduduk menempati peringkat keenam, yaitu setelah Kota Cianjur, Karangtengah, Cibeber, Cipanas dan Cugenang.


Kota Cilaku meliputi 10 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 6.000 - 22.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Sirnagalih, Sukasari, Sukakerta, Ciharashas dan Rahong. Jumlah penduduk Desa Sirnagalih (Kecamatan Cilaku) menempati peringkat kedua di Kabupaten Cianjur, yaitu setelah Desa Sayang (Kecamatan Cianjur).

Adapun batas wilayah Kota Cilaku meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Cianjur dan Karangtengah; sebelah timur dengan Kecamatan Sukaluyu; sebelah selatan dengan Kacamatan Cibeber; dan sebelah barat dengan Kecamatan Warungkondang dan Cugenang.

Sumber :
http://cianjurkab.bps.go.id/new/website/pdf_publikasi/Kabupaten-Cianjur-Dalam-Angka-2014.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar