Minggu, 06 Maret 2016

Kota Manggalewe

Kota Manggalewe merupakan salah satu dari delapan kecamatan di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Kecamatan Manggalewe merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Kempo pada tahun 1993. Kawasan ini berkembang setelah dijadikan tujuan transmigran asal Pulau Lombok mulai tahun 1983. Tahun 2014 jumlah penduduk Manggalewe 29.768 jiwa tersebar di areal seluas 176,46 km2, sehingga kepadatan penduduknya 169 jiwa per km2.
Jumlah penduduk Kecamatan Manggalewe menempati peringkat keempat di Kabupaten Dompu, yaitu setelah Dompu, Woja dan Pekat.

Adapun batas wilauah Kota Manggalewe meliputi sebelah selatan dengan Kabupaten Sumbawa; sebelah timur dengan Kecamatan Woja; sebelah utara dengan Kecamatan Kilo dam  Kabupaten Bima; serta sebelah barat dengan Kecamatan Kempo dan Teluk Saleh.

Kota Manggalewe meliputi 12 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.400 - 4.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Soriutu, Lanci Jaya, Doromelo, Suka Damai dan Teka Sire.

Peta dan Data :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar