Minggu, 20 November 2016

Kota Pemulutan

Kota Pemulutan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Luas Kota Pemulutan 122,92 km2 dengan jumlah penduduk 44.227 jiwa (tahun 2015), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 360 jiwa per km2. Sebagai catatan Kdecamatan Pemulutan Barat dan Pemulutan Selatan sebelumnya masuk wilayah Kecamatan Pemulutan.


Kota Pemulutan dihuni oleh berbagai suku, yang paling dominan ialah Suku Pegagan, yang secara budaya dan bahasa merupakan sub-bagian Suku Ogan. Bahasa Pegagan mirip dengan Bahasa Ogan san Bahasa Melayu, sehingga dikelompokkan ke dalam Bahasa Melayu.

Kota Pemulutan meliputi 25 desa, dengan ibukota kecamatan berada di Desa Pemulutan Ulu. Adapun desa yang paling jauh dari pusat kecamatan ialah Desa Ibul Besar II yang dapat dijangkau dengan transportasi darat. Terdapat 19 desa di Kecamatan Pemulutan yang dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat dan air.

Batas-batas Kota Pemulutan meliputi sebelah utara dengan Kota Palembang; sebelah barat dengan Kecamatan Indralaya Utara; sebelah selatan dengan Kecamatan Pemulutan Barat dan Pemulutan Selatan; dan sebelah timur dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir.


Sumber :
https://oganilirkab.bps.go.id/backend/pdf_publikasi/Pemulutan-Dalam-Angka-2016.pdf

Peta dimodofikasi dari :
http://loketpeta.pu.go.id/assets/cms/uploads/images/media-peta/peta-infrastruktur/pii-1600/1610_2012.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar