Sabtu, 09 Desember 2017

Kota Marisa Lebih Dekat Lagi

Desa-desa Di Kecamatan Marisa
(https://goo.gl/maps/dFvUrxfZgFx)
Kota Marisa merupakan kota yang berada di kawasan pesisir Teluk Tomini meliputi beberapa pulau kecil di sekitarnya (Pulau Lolahe, Pomolia Daa, Pomolia Kiki, Puntu, Hulia Daa dan Pora-Pora) , dengan demikian kota ini layak dikembangkan menjadi kota wisata pantai dan bahari.
Kota Marisa meliputi delapan desa dengan luas wilayahnya mencapai 39,48 km2 (versi "Buku Kecamatan Marisa dalam Angka 2016" yang bersumber dari Kecamatan Marisa; sedangkan versi "Buku Kabupaten Pohuwato dalam Angka 2017" yang bersumber dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pohuwato, luasnya 28,29 km2).

Delapan desa yang ada di Kota Marisa ialah Marisa Selatan, Marisa Utara, Pohuwato, Pohuwato Timur, Teratai, Palopo, Bulangita dan Butobilotahu Indah. Desa yang paling luas ialah Pohuwato Timur (11,90 km2) dan yang paling sempit ialah Pohuwato (0,61 km2). Ibukota Kecamatan Marisa terdapat di desa Butobilotahu Indah yang berjarak  antara 0,5 - 5 km dari desa lainnya. Sedangkan desa-desa yang berada di kawasan pantai ialah Pohuwato, Pohuwato Timur dan Palopo.

Pada tahun 2015 penduduk desa-desa di Kecamatan Marisa berkisar antara 619 jiwa (Bulangita) sampai 4.131 jiwa (Marisa Selatan). Pada tahun 2015 jumlah penduduk Kecamatan Marisa 19.549 jiwa, tahun 2016 bertambah menjadi 20.017 jiwa; demikian sekitar 20 persen di antaranya bermukim di Desa Marisa Selatan.

Fasilitas pendidikan yang terdapat di Kecamatan Marisa antara lain meliputi TK, SD/MI, SMP/MTs, untuk tingkat menengah atas meliputi:  dua SMA (Desa Teratai); Satu SMK (Desa Pohuwato Timur); dan satu Madrasah Aliyah (Desa Palopo). Fasilitas kesehatan di Kecamatan Marisa antara lain satu Puskesmas (di Desa Marisa Selatan); satu Puskesmas Pembantu (di Desa Bulangita); delapan Puskesmas Keliling; 11 Posyandu; enam praktek dokter; delapan praktek bidan; empat apotek; dan dua toko obat. Sedangkan fasilitan peribadatan terdapat 17 masjid; sembilan mushola; dan dua gereja protestan. Sebagai catatan pada tahun 2015 sekitar 99,07 persen penduduk Kecamatan Marisa beragama Islam, selebihnya agama lainnya.

Sumber :
https://pohuwatokab.bps.go.id/websiteV2/pdf_publikasi/Kecamatan-Marisa-Dalam-Angka-2016.pdf
https://pohuwatokab.bps.go.id/websiteV2/pdf_publikasi/Kabupaten-Pohuwato-Dalam-Angka-2017.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.