Selasa, 12 Mei 2020

Kota Juntinyuat

Penelusuran Kota Ke 971

Link Map Kota https://goo.gl/maps/q3NKh85Dudtn7HGH8

Juntinyuat merupakan salah satu dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Letak Jantinyuat berada di Kawasan Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Indramayu, sebagaimana beberapa kecamatan lainnya seperti Krangkeng, Karangampel, Balongan, Indramayu, Pasekan, Cantigi, Losarang, Kandanghaur, Patrol dan Sukra. Indramayu merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki garis pantai terpanjang.


Jantinyuat pada tahun 2019 berpenduduk sebanyak 89.024 jiwa (BPS Kab Indramayu,  2020) yang tersebar di 12 desa. Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Dadap, Segeran, Segeran Kidul, Juntikedokan dan Juntikebon. Penduduk Desa Dadap sudah melampaui angka 10.000 jiwa (tahun 2018 sebanyak 13.238 jiwa) dengan kepadatan penduduk melebihi 5.000 jiwa per km2. Ditinjau dari aspek kependudukan sudah layak dimekarkan atau statusnya menjadi Kelurahan. Jumlah penduduk Kecamatan Juntinyuat sekitar 1,23 persen dari penduduk Kabupaten Indramayu.

Kecamatan Juntinyuat memiliki luas wilayah 54,14 km2 atau sekitar  2,58 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Indramayu. Kisaran luas setiap desa di Kecamatan Juntinyuat berkisar antara 2,42 km2 (Desa Dadap)  sampai 7,51 km2 (Desa Segeran). Lima desa dengan wilayah paling luas berturut-turut Segera, Segeran Kidul, Tinumpuk, Juntikedokan dan Juntikebon. Pusat Pemerintahan Kecamatan Juntinyuat berada di Desa Juntikebon berjarak sekitar 17 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Indramayu di Kecamatan Indramayu.

Kecamatan Juntinyuat memiliki garis pantai yang cukup panjang, sehingga terdapat beberapa desa yang ada di kawasan pesisir (desa pantai), yaitu Dadap, Juntinyuat, Juntikedokan, Lombang dan Limbangan.  Ada beberapa pantai di kawasan tersebut seperti Pantai Wisata Tirtamaya, Pantai Rembat dan Pantai Glayem. Kecamatan Juntinyuat dilalui jalan raya yang menghungkan Kota Indramayu dan Kota Cirebon. (Atep Afia Hidayat - InfoKotaKita.com).


Referensi :
BPS Kab Indramayu 2020. Kabupaten Indramayu dalam Angka 2020.
BPS Kab Indramayu 2019. Kecamatan Juntinyuat dalam Angka 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.