Selasa, 24 Juni 2014

Kota Manokwari

Kota Manokwari berstatus sebagai ibukota Provinsi Papua Barat dan ibukota Kabupaten Manokwari. Kota Manokwari yang berstatus kecamatan, pada tahun 2012 dimekarkan menjadi empat kecamatan, yaitu Manokwari Barat, Manokwari Timur, Manokwari Selatan dan Manokwari Utara.
Adapun distrik yang menjadi pusat kota, pusat pemerintahan dan pusat bisnis ialah Manokwari Barat, yang memiliki luas wilayah 237,24 km2 dengan jumlah penduduk (tahun 2012) sebanyak 86.007 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 363 jiwa per km2.

Di Distrik Manokwari Barat penduduk terkonsentrasi di empat desa dari sepuluh desa yang ada,  yaitu memadai Desa Wosi, Sanggeng, Manokwari Barat dan Amben, yaitu lebih dari 70 persen.

Distrik Manokwari Timur, Manokwari Selatan dan Manokwari Utara secara keseluruhan  berpenduduk 25.813 jiwa (tahun 2012), dengan luas wilayah gabungan mencapai 1.319,60 km2, sehingga kepadatan penduduk ketiga distrik tersebut hanya 20 jiwa per km2.

Ada kemungkinan Kota Manokwari diberikan status otonom terutama karena posisinya yang strategis dan menjadi ibukota Provinsi. Jika berstatus otonom maka Kota Manokwari akan meliputi empat kecamatan dengan luas wilayah 1.556,84 km2, dengan jumlah penduduk 111.820 jiwa (data tahun 2012).

Jika yang dimaksud dengan Kota Manokwari hanya meliputi Distrik Manokwari Barat, maka batas-batas wilayahnya meliputi sebelah utara dengan Teluk Cendrawasih; sebelah barat dengan Distrik Manokwari Timur; sebelah selatan dengan Distrik Manokwari Selatan; dan sebelah barat dengan Distrik Manokwari Utara.

Peta :


Data :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.