Kamis, 30 April 2015

Kota Masamba

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Masamba merupakan salah satu dari  12 kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, sekaligus menjadi ibukota kabupaten. Kota Masamba pada tahun 2012 berpenduduk sebanyak 33.614 jiwa, tersebar di  4 kelurahan,  15 desa, dan dua Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT Maipi dan UPT Sepakat).  
Kelurahan dan desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut  Bone, Kappuna, Kasimbong, Baliase dan Laba. Penduduk Kelurahan Bone dan Kappuna telah melampaui 5.000 jiwa.

Kota Masamba memiliki luas wilayah 1.068,85 km2, jauh lebih luas dari Provinsi DKI Jakarta, berbatasan dengan Kecamatan Rampi di sebelah utara; Kabupaten Luwu Timur di sebelah timur; Kecamatan Mappedeceng; Malangke dan Buebunta di sebelah selatan; serta dengan Kecamatan Sabbang dan Seko di sebelah timur.


Berdasarkan catatan situs Wikipedia Masamba terletak pada jalur Trans-Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Selatan dengan Sulawesi Tengah (poros Palopo - Poso) dan Sulawesi Tenggara (poros Palopo - Kolaka). Kota Masamba memiliki sebuah bandara yang diberi nama Andi Djema yang  berada di pusat kota. Kalau kode penerbangan Kota Makassar UPG, maka kode penerbangan Kota Masamba MXB. Menurut situs Traveloka,  Bandara Andi Djema melayani rute  penerbangan menuju Poso, Ambon, Jakarta, Wakatobi, Guangzhou, dan sebagainya.

Sumber:
http://kpu.go.id/dmdocuments/7322_luwuutara%20ok.pdf
http://luwuutarakab.bps.go.id/substat/1/9/47-jumlah-penduduk-rumah-tangga-dan-rata-rata-anggota-rumah-tangga-menurut-desakelurahan-di-kecamatan-masamba-2012
http://id.wikipedia.org/wiki/Masamba,_Luwu_Utara
http://www.traveloka.com/flight/promo-tickets/schedule-from-Makassar-to-Masamba.UPG.MXB

Peta Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar