Selasa, 05 Mei 2015

Kota Donggala (Banawa)

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Donggala terletak di Kecamatan Banawa merupakan salah satu dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Kota Banawa memiliki luas wilayah 99,04 km2 dengan jumlah penduduk 32.963 jiwa (tahun 2013), sehingga kepadatan penduduknya 333 jiwa per km2. Kota Banawa merupakan kawasan terpadat di Kabupaten Donggala, jauh di atas rata-rata kepadatan penduduk yang hanya 55 jiwa per km2.

Kota Donggala  merupakan ibukota Kabupaten Donggala, memiliki batas wilayah sebelah utara dengan Selat Makassar; sebelah barat dengan Kecamatan Banawa Tengah; sebelah selatan dengan Kota Palu dan sebelah timur dengan Teluk Palu.

Kota Donggala meliputi 14 kelurahan/desa berturut-turut : Kelurahan Labuhan Bajo;  Kelurahan Labuhan Bajo; Kelurahan Boya; Kelurahan Maleni; Kelurahan Kabonga Besar; Kelurahan Kabonga Kecil; Kelurahan Tanjung Batu; Kelurahan Gunung Bale; Kelurahan Ganti; Kelurahan Boneoge; Desa Limboro; Desa Towale; Desa Salubomba; Desa Kola-kola; dan Desa Lumbodolo. Dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kelurahan Ganti, Boneoge, Boya, Kabonga Kecil dan Kabonga Besar.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar