Sabtu, 31 Oktober 2015

Kota Kelapa Dua

Kota Kelapa Dua merupakan salah satu dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Kota Kelapa Dua memiliki semua fasilitas perkotaan seperti pusat bisnis, apartemen dan beragam perumahan kelas menengah-atas, rumah sakit, hotel (sampai berbintang lima), pendidikan (TK sampai universitas), dan dilalui jalan tol Jakarta- Merak.


Letaknya berada di sebelah timur Kabupaten Tangerang, berbatasan dengan Kota Tangerang di sebelah utara; dengan Kota Tangerang Selatan di sebelah timur; dengan Kecamatan Pagedangan dan Legok di sebelah selatan; serta dengan Kecamatan Curug di sebelah barat.

Kota Kelapa Dua , sudah benar-benar menjadi kawasan perkotaan. Paling tidak memenuhi dua kriteria yaitu jumlah penduduk lebih dari 20 ribu jiwa; dan memiliki kelurahan lebih banyak dibanding desa, yaitu lima kelurahan dan satu desa.

Kota Kelapa Dua memiliki luas wilayah 24,38 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 203.619 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 8.352 jiwa per km2. Jumlah penduduk Kelapa Dua menempati peringkat ketiga di Kabupaten Tangerang, yaitu setelah Pasar Kemis dan Cikupa. Sedangkan kepadatan penduduknya menempati peringkat kedua, yaitu setelah Pasar Kemis. Sebagai perbandingan jumlah penduduk Kota Kelapa Dua (yang berstatus kecamatan) lebih banyak dibanding jumlah penduduk beberapa kota berstatus otonom do Jawa Timur seperti Blitar, Pasuruan, Mojokerto, Madiun dan Batu.

Kota Kelapa Dua meliputi lima kelurahan dan satu desa, dengan peringkat jumlah penduduk (SP 2010) berturut-turut : Bencongan (47.170 jiwa); Bojong Nangka (45.781 jiwa); Kelapa Dua (34.537 jiwa); Pakulonan Barat (23.925 jiwa); Bencongan Indah (14.336 jiwa); dan Curug Sangereng (12.286 jiwa).

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar