Sabtu, 30 Juni 2018

Kota Semarapura dan Kabupaten Klungkung

Kabupaten Klungkung
Peta : https://goo.gl/maps/o5TyLcCAL3n
Data : BPS Kab Klungkung 2016
Oleh : Atep Afia Hidayat - Kabupaten Klungkung merupakan salah satu dari sembilan daerah otonom di Provinsi Bali, dengan ibukota di Semarapura. Kabupaten Klungkung terletak di bagian tenggara Pulau Bali, wilayahnya meliputi 35,61 persen di daratan Pulau Bali dan 64,39 persen di Kepulauan Nusa Penida.


Wilayah Kabupaten Klungkung yang terletak di daratan Pulau Bali meliputi tiga kecamatan, yaitu Klungkung (luas wilayah 29,05 km2, dengan jumlah penduduk 57.880 jiwa, dan kepadatan penduduk 1.992 jiwa per km2); Banjarankan (45,73 km2, 38.920 jiwa, 851 jiwa per km2) dan Dawan (37,38 km2, 34.430 jiwa, 921 jiwa per km2). Sedangkan wilayah Kabupaten Klungkung di Kepulauan Nusa Penida meliputi satu kecamatan (202,84 km2, 45.470 jiwa, 224 jiwa per km2).

Kecamatan (Kepulauan) Nusa Penida meliputi pulau-pulau Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, meliputi 16 kecamatan. Di Nusa Penida terdapat 14 desa, sedangkan di Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan terdapat dua desa (Lembongan dan Jungutbatu). Kecamatan Banjarankan meliputi 13 desa; Kecamatan Dawan 12 desa; serta Kecamatan Klungkung 12 desa dan enam kelurahan.

Kota Semarapura
Kota Semarapura belum berstatus sebagai kecamatan, apalagi kota otonom. Kota Semarapura meliputi enam kelurahan di Kecamatan Klungkung, yaitu Semarapura Klod, Semarapura Klod Kangin, Semarapura Kangin, Semarapura Tengah, Semarapura Kauh dan Semarapura Kaja. Kota Semarapura berjarak sekitar 40 km arah timur laut dari Kota Denpasar; Sekitar 103 km arah selatan tenggara dari Kota Singaraja (melalui Kintamani).

Kota Semarapura - Kec Klungkung
Peta : KAA
Data : BPS Kab Klungkung (2017)
Selain meliputi enam kelurahan, Kecamatan Klungkungpun meliputi 12 desa, delapan desa di antaranya masuk katagori desa "kota" dan empat desa "perdesaan" (Jumpai, Menduang, Selat dan Selisihan). Dari 12 desa tersebut, empat di antaranya merupakan desa pantai (Satra, Toljan, Jeljel dan Jumpai), memiliki kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan Selat Badung. Keempat desa tersebut memiliki pantai sepanjang 10,5 km (bandingkan dengan pantai yang dimiliki Kecamatan (Kepulauan) Nusa Penida yang mencapai 67,2 km.

Kota Semarapura sendiri terletak di bagian tengah Kecamatan Klungkung, sebelah utara berbatasan dengan Desa Menduang dan Akah; sebelah timur dengan Kecamatan Klungkung; sebelah selatan dengan Desa Satra, Tojan dan Kamasan; serta sebelah timur dengan Kecamatan Banjarankang.

Kota Semarapura - Kec Klungkung
Peta : BPS Kab Klungkung (2017)
Sebagaimana terjadi di daerah lainnya, di Kabupaten Klungkung pun muncul wacana pemekaran wilayah, antara lain dengan memekarkan Nusa Penida menjadi dua kecamatan atau lebih.

Sebagai catatan Kota Semarapura pun sebenarnya layak ditingkatkan statusnya menjadi kecamatan tersendiri yang meilputi enam kelurahan, terpisah dari Kecamatan Klungkung. Namun secara teknis, persoalannya ternyata Kota Semarapura berada di tengah-tengah Kecamatan Klungkung, sehingga kalau menjadi kecamatan tersendiri menyisakan Kecamatan Klungkung yang terpisah di sebelah utara dan selatan Kota Semarapura. Dengan demikian, layak dipertimbangkan pemekaran Kecamatan Klungkung menjadi Kecamatan Klungkung Utara (lima desa, yaitu : Selat, Tegak, Selisihan, Manduang dan Akah), Kecamatan Semarapura (enam kelurahan)  dan Kecamatan Klungkung Selatan (tujuh desa, yaitu : Satra, Tojan, Kamasan, Gelgel, Kampung Gelgel, Jumpai dan Tangkas).


Sumber :
http://kpu.go.id/dmdocuments/51_prov_bali.pdf
http://kpu.go.id/dmdocuments/5105_kab_klungkung.pdf
BPS Kab Klungkung. Kabupaten Klungkung dalam Angka 2017. https://klungkungkab.bps.go.id/publication/
BPS Kab Klungkung. Kecamatan Klungkung dalam Angka 2017. https://klungkungkab.bps.go.id/publication/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Klungkung
http://ppsp.nawasis.info/dokumen/perencanaan/sanitasi/pokja/bp/kab.klungkung/Bab%202%20Buku%20Putih%20Klungkung.pdf
https://www.klungkung.klungkungkab.go.id/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.