Sabtu, 30 Juni 2018

Kota Sukamara dan Kabupaten Sukamara

Kab Sukamara - Prov Kalteng
Peta : https://goo.gl/maps/sDLfxH2XiYK2
Data : BPS Kab Sukamara (2017)
Penelusuran Kota Ke 963

Oleh : Atep Afia Hidayat - Sukamara merupakan salah satu dari 14 kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terletak di ujung barat wilayah Provinsi Kalteng berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa. Kabupaten Sukamara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang diresmikan bersamaan dengan Kabupaten Lamandau pada tahun 2003.

Kabupaten Sukamara memiliki luas wilayah 3.827 km2 hampir sama dengan luas Kabupaten Cianjur di Provinsi Jawa Barat (3.840 km2). Pada tahun 2016 jumlah penduduk Kabupaten Sukamara 57.504 jiwa (BPS Kab Sukamara, 2017);
bandingkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Cianjur dalam tahun yang sama mencapai sekitar 2,25 juta jiwa); dapat dikatakan jumlah penduduk Kabupaten Cianjur sekitar 40 kali penduduk Kabupaten Sukamara. Dalam hal ini kenapa kedua daerah itu dikomparasikan ? Hal tersebut untuk memberikan gambaran, bahwa distribusi penduduk di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak merata. Kepadatan penduduk Kabupaten Sukamara hanya 15 jiwa per km2, sedangkan Kabupaten Cianjur mencapai sekitar 580 jiwa per km2.

Batas wilayah Kabupaten Sukamara meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Lamandau; sebelah timur dengan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar); sebelah selatan dengan Laut Jawa; dan sebelah barat dengan Provinsi Kalimantan Barat (Kabupaten Ketapang).

Kabupaten Sukamara terbagi menjadi lima kecamatan, 29 desa dan tiga kelurahan. Ibukota atau pusat pemerintahan Kabupaten Sukamara berada di Kecamatan Sukamara. Empat kecamatan lainnya ialah Permata Kecubung terletak di wilayah paling utara Kabupaten Sukamara, dengan jumlah penduduk tahun 2016 sebanyak 12.160 jiwa,  luas wilayah 660 km2, dan kepadatan penduduk 18 jiwa per km2; Berikutnya berturut-turut Kecamatan Balai Riam (8.334 jiwa, 539 km2, 15 jiwa per km2); Pantai Lunci (5.727 jiwa, 804 km2, tujuh jiwa per km2); dan Jelai (5.214 jiwa, 796 km2, tujuh jiwa per km2). Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci berbatasan dengan Laut Jawa sehingga memiliki garis pantai dan kawasan pesisir. Pusat keramaian Kecamatan Jelai terletak di muara Sungai Jelai dan pesisir pantai yang berbatasan dengan Laut Jawa. Sungai Jelai merupakan batas alam antara Provinsi Kalteng dan Kalbar.

Kota Sukamara
Sebagai lokasi di mana pusat pemerintahan Kabupaten Sukamara berada, tentu saja Kecamatan Sukamara perlu penataan, pengelolaan dan pengembangan secara terpadu. Bagaimana pun Kecamatan Sukamara merupakan pusat pertumbuhan bagi keempat kecamatan lainnya di Kabupaten Sukamara.

Kecamatan Sukamara - Kab Sukamara
Peta : https://goo.gl/maps/5mPFp6URuVw
Data : BPS Kab Sukamara 2017
Batas wilayah Kecamatan Sukamara meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Balai Riam; sebelah timur dengan Kabupaten Kobar; sebelah selatan dengan Kecamatan Pantai Lunci; dan sebelah barat dengan Provinsi Kalimantan Barat (Kabupaten Ketapang).

Kecamatan Sukamara memiliki luas wilayah 1.028 km2 (sekitar 26,86 persen dari luas Kabupaten Sukamara); dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 sebanyak 26.069 jiwa (sekitar 45,33 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Sukamara; maka kepadatan penduduk Kecamatan Sukamara mencapai 25 jiwa per km2.

Kecamatan Sukamara meliputi enam desa dan dua kelurahan. Kisaran jumlah penduduk setiap desa/kelurahan antara 633 jiwa (Pudu)  sampai 11.217 jiwa (Mendawai); Sedangkan luas wilayah setiap desa/kelurahan berkisar antara 101 km2 (Pudu) sampai 156 km2 (Padang); Kepadatan penduduk berkisar antara enam jiwa per km2 (Pudu dan Sukaraja) sampai 76 jiwa per km2 (Mendawai). Penduduk Kelurahan Mendawai mencapai 43,03 persen dari jumlah penduduk Kecamatan Sukamara.

Dengan demikian pusat keramaian Kabupaten Sukamara terdapat di Kecamatan Sukamara, dan tepatnya di Kelurahan Mendawai.


Sumber :
http://kpu.go.id/dmdocuments/6212_sukamara.pdf
http://kpu.go.id/dmdocuments/6200_kalteng_dprd1.pdf
Kecamatan Sukamara dalam Angka 2017, https://sukamarakab.bps.go.id/publication
Kabupaten Sukamara dalam Angka 2017, https://sukamarakab.bps.go.id/publication
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sukamara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.