Selasa, 14 April 2020

Kota Babakancikao

Kec Babakancikao Kab Purwakarta
Sumber : https://goo.gl/maps/p7jkdL9mMV3pCTgN7
Penelusuran Kota Ke 966

Kota Babakancikao sangat stretagis, tidak jauh dari Pintu Tol Cikampek, bahkan dilalui Jalan Tol Cipularang. Untuk memasuki Kota Babakancikao terlebihdahulu keluar dari Pintu Tol Sadang. Selain itu Kota Babakancikao letaknya tidak jauh dari Waduk dan PLTA Jatiluhur. Dengan jumlah penduduk yang sudah melebihi 50.000 jiwa, berdasarkan klasifikasi kota secara numerik, termasuk  Kota Sedang (berpenduduk antara 50.000 sampai 100.000 jiwa).


Babakancikao merupakan salah satu dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Kecamatan Babakancikao berada di wilayah paling utara Kabupaten Utara, di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Karawang (Kecamatan Klari); sebelah timur dengan Kecamatan Bungursari; sebelah selatan dengan Kecamatan Purwakarta dan Jatiluhur; serta sebelah barat dengan Kecamatan Jatiluhur, Sukasari dan Kabupaten Karawang (Kecamatan Ciampel). Sungai Citarum menjadi batas alam di sebelah barat dan selatan antara Kecamatan Babakancikao dengan beberapa kecamatan lainnya (Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, serta Kecamatan Sukasari dan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta).

Kecamatan Babakancikao memiliki pusat pemerintahan yang terletak di Desa Kadumekar, terletak 7 km arah utara dari pusat pemerintahan Kabupaten Purwakarta dan 60 km arah utara/barat laut dari Kota Bandung (Pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat). Selain Desa Kadumekar, Kecamatan Babakancikao meliputi Desa  Maracang, Ciwareng, Mulyamekar, Cigelam, Babakancikao, Hegarmanah, Cicadas dan Cilangkap. Kesembilan desa tersebut membentuk kawasan seluas 42,4 km2 (sekitar 4,36 persen dari luas Kabupaten Purwakarta) . Merupakan kecamatan dengan luas wilayah terkecil keempat setelah Kecamatan Purwakarta, Plered dan Pasawahan. Desa-desa di Kacamatan Babakancikao berada pada ketinggian antara 38 - 108 di atas permukaan laut (DPL).

Pada tahun 2019 penduduk Kecamatan Babakancikao 55.980 jiwa, dengan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) 1,84 persen per tahun, merupakan tertinggi keempat setelah Kecamatan Plered, Sukatani dan Jatiluhur. Jumlah penduduk Kecamatan Babakancikao sekitar 11 persen dari penduduk Kabupaten Purwakarta, dengan tingkat kepadatan mencapai 1,321 jiwa per km2. Berada di atas kepadatan penduduk rata-rata Kabupaten Purwakarta 978 jiwa per km2. Tetapi jauh di bawah kepadatan penduduk Kecamatan Purwakarta 7.038 jiwa per km2. Babakancikao merupakan kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk yang menempati peringkat ke tiga, yaitu setelah Kecamatan Purwakarta dan Plered.

Dari 55.980 jiwa penduduk Kecamatan Babakancikao tersebar di sembilan desa, dengan kisaran antara 1.800 sampai 9.000 jiwa. Tiga desa dengan jumlah penduduk paling banyak ialah Mulyamekar, Ciwareng dan Maracang.

Selain sebagai pusat pemerintahan, Kecamatan Purwakarta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi 16 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Purwakarta, Kecamatan Babakancikao yang berbatasa langsung berperan menjadi kawasan penyangga di sebelah utara, Jika ada opsi pemekaran wilayah Kota Purwakarta (kota otonom), maka Kecamatan Babakancikao, Jatiluhur dan Pasawahan berpeluang masuk di dalamnya. (Atep Afia - InfoKotaKita).


Referensi:

BPS Kab Purwakarta. 2019. Kecamatan Babakancikao dalam Angka. Dalam https://purwakartakab.bps.go.id/publication/

BPS Kab Purwakarta 2020. Kabupaten Purwakarta dalam Angka 2020. Dalam https://purwakartakab.bps.go.id/publication/

KPU. 2014. Peta Dapil Pemlihan Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Dalam https://www.kpu.go.id/dmdocuments/3214_purwakarta.pdf






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.