Minggu, 26 April 2020

Kota Nusawungu

Kec Nusawungu Kab Cilacap
Sumber : https://goo.gl/maps/8qAwfkDc9mQKC7Jq6

Penelusuran Kota Ke 969

Nusawungu merupakan salah satu dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Letak Kecamatan Nusawungu berada diujung timur wilayah Kabupaten Cilacap, berbatasan dengan Kabupaten Kebumen (Kecamatan Ayah); sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Banyumas (Kecamatan Sumpiuh dan Kemranjen); sebelah barat dengan Kecamatan Binangun dan Kroya.


Nusawungu merupakan satu dari enam kecamatan di Kabupaten Cilacap yang memiliki kawasan pesisir berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia. Lima kecamatan lainnya yaitu Binangun, Adipala, Kesugihan, Cilacap Utara dan Cilacap Selatan. Sedangkan di Kecamatan Nusawungu terdapat empat desa yang memiliki kawasan pesisir, berbatasan dengan Samudera Indonesia, yaitu Jetis, Banjarsari, Karang Pakis dan Karang Tawang.


Desa-desa di Kec Nusawungu
(Sumber: Kec Nusawungu dalam Angka, BPS Kab Cilacap, 2009)
Jumlah penduduk Kecamatan Nusawungu pada tahun 2019 sebanyak 84.729 jiwa (BPS Kab Cilacap 2020), atau sekitar 4,37 persen dari penduduk Kabupaten Cilacap. Luas wilayah Kecamatan Nusawungu 61,26 km2, atau sekitar 2,87 persen dari luas wilayah Kabupaten Cilacap.

Kepadatan penduduk Kecamatan Nusawungu sekitar 1.384 jiwa per km2, bandingkan dengan Kepadatan Penduduk Kabupaten Cilacap sekitar 907 jiwa per km2 (belum mencapai 1.000 jiwa per km2). Dengan demikian Nusawungu merupakan salah satu kecamatan yang paling padat penduduknya.

Desa Sukawungu yang menjadi pusat Kota Sukawungu
(Sumber : https://goo.gl/maps/6Yc5LLxNxAafj78t5)
Kecamatan Nusawungu meliputi 17 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 2.439 jiwa (Purwadadi) sampai 8.8937 (Jetis). Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Jetis, Karang Pakis, Karang Tawang, Banjarwaru dan Banjarsari. (Kecamatan Nusawungu dalam Angka 2019, BPS Kab Cilacap).

Kisaran luas wilayah desa di Kecamatan Nusawungu antara 1,45 km2 (Purwadadi) sampai 6,06 km2 (Jetis). Lima desa dengan wilayah paling luas ialah Jetis, Karang Pakis, Banjarwaru, Karaang Tawang dan Banjarsari. Dengan demikian empat desa di kawasan pesisir tergolong yang paling luas wilayahnya dan paling banyak penduduknya. (Atep Afia Hidayat - InfoKotaKita).


Referensi :

KPU. 2014. Peta Wilayah Kabupaten Cilacap. Dalam https://www.kpu.go.id/dmdocuments/3301_kab_cilacap.pdf.
BPS Kab Cilacap. 2020. Kabupaten Cilacap dalam Angka.
BPS Kab Cilacap 2019. Kecamatan Nusawungu dalam Angka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.