Selasa, 23 Juni 2020

Kota Aimas

Distrik Aimas (Peta : https://goo.gl/maps/eWoCcd16xzhUgGAf9)
Data : BPS Kab Sorong (2020).
Peneluruan Kota Ke 975

Peta Sebaran Satuan Pendidikan Distrik Aimas

Tour Kota Aimas (Peta dan Satelit)

Peta Kabupaten Sorong

Peta Provinsi Papua Barat

Di manakah letak Kota Aimas ? Ternyata bersebelahan dengan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Hanya statusnya berbeda, kalau Kota Sorong sudah menjadi kota otonom, sedangkan Aimas masih berstatus kecamatan, dan menjadi ibukota Kabupaten Sorong. Penggunaan nama Sorong sendiri dikenal ada Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan ada juga Distrik (Kecamatan Sorong) di Kabupaten Sorong. Dalam hal ini Kota Aimas berperan sebagai penyangga pertumbuhan Kota Sorong di bagian selatan.


Sebelumnya ibukota Kabupaten Sorong terletak di Kota Sorong. Kota Sorong terus mengalami pertumbuhan, sehingga pada tahun 1996 menyandang status sebagai Kota Administratif (Kotip) dan tahun 1999 resmi berstatus sebagai Kota Otonom (sebelumnya dikenal sebagai Kotamadya). Posisi sebagai ibukota kabupaten dialihkan ke Kota Aimas yang berada di sebelah selatan Kota Sorong.

Kota Aimas merupakan salah satu dari 30 distrik (kecamatan) yang ada di Kabupaten Sorong, memiliki luas wilayah 690,06 km2 (sedikit lebih luas dari Kota Jakarta, 661,50 km2). Pada tahun 2019 jumlah penduduk Kota Aimas sebanyak 41.624 jiwa (sementara jumlah penduduk Kota Jakarta dalam tahun yang sama sebanyak 10,5 juta jiwa). Termyata wilayah Kota Aimas yang cukup luas baru mencapai tingkat kepadatan penduduk 61 jiwa per km2 (bandingkan dengan kepadatan penduduk Kota Jakarta yang sudah mencapai 15.873 jiwa per km2). Dengan demikian Kota Aimas masih memiliki ruang tumbuh perkotaan yang cukup terbuka, sehingga penataan ruang bisa lebih optimal.

Kota Aimas merupakan pusat pertumbuhan ekonomi bagi 29 kecamatan (distrik) lainnya yang ada di Kabupaten Sorong, yang memiliki luas wilayah antara 246,45 km2 (Klasafet) sampai 690,06 km2 (Aimas); Sedangkan kisaran jumlah penduduk antara 397 jiwa (Saengkeduk) sampai 41,624 jiwa (Aimas). Dari 30 kecamatan (distrik) yang ada di Kabupaten Sorong, ternyata 13 di antaranya masih berpenduduk kurang dari 1.000 jiwa. Hanya terdapat empat kecamatan (distrik) dengan jumlah penduduk lebih dari 10.000 jiwa, yaitu Aimas, Mariat, Mayamuk dan Salawati. Dari segi kepadatan penduduk 24 kecamatan (distrik) dengan kepadatan kurang dari 10 jiwa per km2; bahkan 22 kecamatan (distrik) di antaranya memiliki kepadatan penduduk kurang dari 5 jiwa per km2.

Distrik dengan kepadatan penduduk lebih dari 10 jiwa per km2 ialah Aimas, Salawati, Mariat, Mayamuk, Seget dan Klamono. Ternyata sekitar 33,79 persen penduduk Kabupaten Sorong bermukim di Kota Aimas, yang memiliki luas wilayah sekitar 5,27 persen dari luas wilayah Kabupaten Sorong. Kelangkaan kuantitas sumberdaya manusia (SDM) ini menjadi faktor pembatas untuk pengelolaan sumberdaya alam yang berlimpah di Kabupaten Sorong.

Kecamatan (Distrik Aimas) meliputi 11 kelurahan, yaitu : Aimas, Malawili, Malawele, Mariat Pantai, Mariat Gunung, Warmon, Klabinain, Malasom, Klaigit, Malagusa dan Klafma; Serta tiga desa, yeitu Maibo, Aimo dan Malasum. (Atep Afia Hidayat)


Referensi:
https://www.kemendagri.go.id/files/2019-05/Kode&Data%20Wilayah/PAPUA_BARAT.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sorong
Kabupaten Sorong dalam Angka 2020 (BPS Kab Sorong, 2020)
https://sorongkab.bps.go.id/publication/
Distrik Aimas dalam Angka 2019 (BPS Kab Sorong, 2019)
https://sorongkab.bps.go.id/publication/
http://papuaweb.org/gb/peta/kpu/sorong.pdf
https://petatematikindo.files.wordpress.com/2013/01/administrasi-papua-barat-a1-1.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/Papua_Barat







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.