Jumat, 19 Juni 2020

Kota Belinyu Pulau Bangka

Peta Kecamatan Belinyu 
(https://goo.gl/maps/nAygTeP4GMSr1Rkr5)
Penelusuran Kota Ke 972

Klik Peta Desa dan Kelurahan Di Kecamatan Belinyu

Klik Situs Web Kec Belinyu

Belinyu merupakan salah satu dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KBB). Kecamatan Belinyu memiliki luas wilayah 746,50 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2018 sebanyak 49.224 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 66 jiwa per km2. Kecamatan Belinyu meliputi tujuh kelurahan (Kuto Panji, Air Jukung, Bukit Ketok, Remodong Indah, Air Asam, Mantung dan Belinyu); serta lima desa (Gunung Muda, Gunung Pelawan, Riding Panjang, Lumut dan Bintet).


Luas wilayah setiap desa dan kelurahan di Kecamatan Belinyu sangat bervariasi, yaitu antara 5,44 km2 (Kelurahan Belinyu) sampai 302,65 km2 (Desa Gunung Muda); Sedangkan jumlah penduduk setiap desa dan kelurahan bervariasi antara 1.622 jiwa (Desa Lumut) sampai 7.594 jiwa (Kelurahan Kuto Panji); Untuk kepadatan penduduk bervariasi antara 22 jiwa per km2 (Desa Gunung Muda) sampai 919 jiwa per km2 (Kelurahan Belinyu).

Sumber : Kec. Belinyu dalam Angka 2019.
BPS Kab Bangka (2019)
Kecamatan Belinyu cukup unik jika dilihat dari aspek demografis, ada kawasan dengan kepadatan penduduk masih langka, ada juga yang mendekati 1.000 jiwa per km2.  Sebagai bagian dari rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) bersama Kecamatan Riau Silip, yaitu dengan membentuk Kabupaten Bangka Utara, maka Kecamatan Belinyu perlu terlebih dahulu dimekarkan menjadi tiga kecamatan.

Kecamatan Belinyu memiliki garis pantai yang cukup panjang, kawasan pesisir ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata bahari. Selain itu potensi perikanan dan kelautan, perkebunan, pertanian dan kehutanan juga cukup besar untuk dikelola lebih lanjut,

Adapun batas wilayah Kecamatan Belinyu meliputi sebelah utara dengan Selat Karimata; sebelah timur dan selatan dengan Kecamatan Riau Silip; dan sebelah barat dengan Teluk Kelabat. (Atep Afia Hidayat).


Sumber :
Kecamatan Belinyu dalam Angka 2019. BPS Kab. Bangka 2019. Dalam https://bangkakab.bps.go.id/publication/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.