Jumat, 02 Januari 2015

Kota Buntok

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Buntok merupakan ibukota Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Kota Buntok sendiri merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Dusun Selatan, salah satu dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Selatan. Kota Buntok terletak 199 km sebelah timur Kota Palangkaraya.

Kecamatan Dusun Selatan luas wilayahnya 1.829 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 52.726 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 29 jiwa per km2. Kecamatan Dusun Selatan meliputi tiga kelurahan dan 24 desa. Kelurahan Buntok Kota sendiri memiliki luas wilayah 72 km2 dengan jumlah penduduk 15.600 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 217 jiwa per km2.

Kisaran jumlah penduduk setiap kelurahan/desa di kecamatan Dusun Selatan antara 100 - 16.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Buntok Kota, Hilir Sper, Baru, Jelapat dan Kalahien.

Adapun batas wilayah Kecamatan Dusun Selatan meliputi sebelah barat dengan Kabupaten Kapuas; sebelah selatan dengan Kecamatan Karau Kuala; sebelah timur dengan Kabupaten Barito Timur dam Kecamatan Gunung Bintang Awai; dan sebelah utara dengan Kecamatan Dusun Utara.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.