Senin, 11 Mei 2020

Kota Jatibarang

Penelusuran Kota Ke 970

Jatibarang merupakan salah satu dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Luas Kecamatan Jatibarang sekitar 41,59 km2, terdiri dari 15 desa. Kisaran luas desa di Kecamatan Jatibarang antara 0,97 km2 (Desa Sukalila) sampai dengan 5,09 km2 (Desa Pawidean).

Lima desa dengan wilayah paling luas berturut-turut Pawidean, Krasak, Bulak, Bulak Lor dan Kebulen. Pusat Pemerintahan Kecamatan Jatibarang terletak di Desa Bulak. Sedangkan pusat keramaian Kecamatan Jatibarang terdapat di Desa Jatibarang dan Jatibarang Baru.

Kecamatan Jatibarang memiliki batas wilayah sebelah utara dengan Kecamatan Indramayu dan Balongan; sebelah timur dengan Kecamatan Sliyeg dan Kertasemaya; sebelah selatan dengan Kecamatan Kertasemaya dan Bangodua; serta sebelah barat dengan Kecamatan Bangodua, Widasari dan Lohbener (dengan batas alam Sungai Cimanuk).

Kecamatan Jatibarang bagian selatan dilalui Jalan Raya Pantura yang menuju Palimanan dan Kota Cirebon, berpapasan dengan Jalan Tol Cipali (Cikopo - Palimanan). Kecamatan Jatibarang juga dilalui jalan kereta api yang menghubungkan Jakarta dengan Cirebon serta kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di kota ini pun terdapat Stasiun KA Jatibarang.

Pada tahun 2018 penduduk Kecamatan Jatibarang mencapai 69.263 jiwa, dengan kisaran penduduk setiap desa antara 1.619 jiwa (Desa Sukalila) sampai 9.688 (Desa Jatibarang Baru). Lima desa yang paling banyak penduduknya berturut-turut Jatibarang, Jatibarang Baru, Bulak, Pawidean dan Krasak. Kepadatan penduduk Kecamatan Jatibarang mencapai 1.666 jiwa per km2.  Selain di Kabupaten Indramayu (Jawa Barat) di Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) juga terdapat nama Kecamatan Jatibarang. (Atep Afia Hidayat -  InfoKotaKita.com)

Sumber :

BPS Kabupaten Indramayu. 2019. Kecamatan Jatibarang dalam Angka 2019.  Dalam : https://indramayukab.bps.go.id/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.