Kamis, 07 Mei 2020

Kota Pamanukan

Kota Pamanukan terletak di kawasan utara Kabupaten Subang, merupakan salah satu dari 30 kecamatan yang ada di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 2018 Kota Pamanukan  berpenduduk sebanyak 64.695 jiwa dengan luas wilayah 48,81 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 1.325 jiwa per km2. Kota Pamanukan yang berstatus kecamatan  lebih luas dari Kota Cimahi 40,20 km2 dan Kota Sukabumi 48,42 km2, yang keduanya sudah berstatus otonom).

Kota Pamanukan dilalui Jalan Raya Pantura, yang menghubungkan Kota Jakarta dengan kota-kota di bagian utara Pulau Jawa. Setelah adanya Jalan Tol Cipali maka tinngkat keramaian lalulintas Kota Pamanukan menjadi berkurang.

Kota Pamanukan memiliki batas wilayah sebelah utara dengan Kecamatan Legonkulon; sebelah timur dengan Kecamatan Pusakanagara dan Pusakajaya; sebelah selatan dengan Kecamatan Tambakdahan; dan sebelah barat dengan Kecamatan Sukasari.


Beradasrkan data dari BPS Kabupaten Subang (2019) dalam buku "Kecamatan Pamanukan dalam Angka 2019", Kecamatan Pamanukan meliputi delapan desa, dengan kisaran jumlah penduduk antara 4.482 jiwa (Rancahilir) sampai 15.526 jiwa (Pamanukan). Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Pamanukan, Mulyasari, Lengkongjaya, Rancasari dan Pamanukan Hilir.

Desa Pamanukan dan Rancasari perlu pemekaran masing-masing menjadi dua atau tiga desa, bisa juga dengan membentuk kelurahan.

Luas desa di Kecamatan Pamanukan berkisar antara 2,36 km2 (Rancasari) sampai 12,22 km2 (Bongas). Desa Bongas pun memungkinkan untuk dimekarkan menjadi dua atau tiga desa, dengan pertimbangan wilayahnya yang cukup luas (25 persen dari luas Kecamatan Pamanukan).

Wilayah bagian timur Kota Pamanukan dilalui aliran Sungai Cipunagara. Kota Pamnukan termasuk salah satu kecamatan di Kabupaten Subang yang sering dilanda banjir.

Adanya wacana pembentukan Kabupaten Subang Utara memberikan peluang bagi Kota Pamanukan menjadi ibukota kabupaten. (InfoKotaKita - Atep Afia Hidayat)


Referensi:

BPS Kab Subang. 2019. Kecamatan Pamanukan dalam Angka 2019.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.