Minggu, 06 September 2020

Kota Mrebet

Kec. Mrebet Kab. Purbalingga
Penelusuran Kota Ke 990
Telusuri Kota Mrebet (Klik Di Sini)

Kembali ke Pulau Jawa, menyisir wilayah Provinsi Jawa Tengah. Ada satu kota berstatus kecamatan dikenal sebagai Mrebet. Kenapa dikatagorikan sebagai kota? Ternyata pada tahun 2018 kecamatan yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Purbalingga tersebut sudah berpenduduk sebanyak 75.877 jiwa. Bahkan lebih banyak dari jumlah penduduk Kecamatan Purbalingga yang menjadi ibukota Kabupaten Purbaling, dengan selisih hampir 20.000 jiwa. Tahun 2019 penduduk Kecamatan Mrebet meningkat jadi 78.060 jiwa. 

Ya, dari segi sumberdaya manusia (SDM) potensi Kota Mrebet cukup besar untuk dikembangkan menjadi kota mandiri, dengan catatan kuantitas SDM yang besar terus diimbangi dengan kualitas SDM yang mumpuni. Setidaknya diperlukan kepemimpinan daerah yang amanah, unggul, kreatif dan berwawasan internasional. Luas Kecamatan Mrebet sekitar 47,89 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 1.584 jiwa untuk setiap km persegi wilayah. Adapun lima kecamatan dengan penduduk paling banyak di Kabupaten Purbalingga berturut-turut : Bukateja, Mrebet, Rembang, Kaligondang dan Kemangkon.

Kecamatan Mrebet meliputi 19 desa. Kisaran luas setiap desa antara 1,06 km2 (Kredenan) sampai 5,80 km2 (Tangkisan); Adapun lima desa yang paling luas wilayahnya berturut-turut: Tangkisan, Binangun, Pengalusan, Onje dan Sindang.

Kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 2.394 jiwa (Mrebet) sampai 8.015 jiwa (Cipaku). Ternyata pengaruh bahasa Sunda sampai ke wilayah Kabupaten Purbalingga (adanya nama Cipaku). Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut : Cipaku, Pengalusan, Tangkisan, Sangkanayu dan Onje.

Sedangkan kepadatan penduduk setiap desa berkisar antara 828 jiwa per km2 (Sindang) sampai 2.868 jiwa (Mangunegara). Adapun lima desa dengan tingkat kepadatan penduduk paling tinggi, berturut-turut : Mangunegara, Karangnangka, Selaganggeng, Kradenan dan Serayu Karanganyar.

Adapun batas wilayah kecamatan Mrebet meliputi sebelah utara dengan Kecamata Karangreja dan Bobotsari; sebelah timur dengan Kecamatan Bobotsari dan Karanganyar; sebelah selatan dengan Kecamata Kaligondang dan Bojongsari; serta sebelah barat dengan Kecamatan Bojongsari dan Karangreja. (Atep Afia Hidayat - KotaKita.com).


Referensi.

https://mkri.id/public/content/pemilu/KKPU/SK%20276%20THN%202018.pdf

Kecamatan Mrebet dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purbalingga (2019). Dalam https://purbalinggakab.bps.go.id/publication

Kabupaten Purbalingga dalam Angka 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purbalingga (2020). Dalam https://purbalinggakab.bps.go.id/publication.


Berkunjung Ke Desa Cipaku :

 

Sumber : Yayan_channel (YouTube)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.