Selasa, 01 Oktober 2013

Mesjid Kubah Emas Kota Depok

Sumber : www.kubah-emas.com




Spesifikasi Masjid:

Bangunan masjid memiliki luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 7.200 meter persegi.

Terdiri dari :


* Bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu.

* Masjid mampu menampung 15 ribu jemaah unrtuk shalat dan 20 ribu jemaah taklim.

* Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah, 1 (satu) kubah utama dan 4 (empat) kubah kecil. Seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal.

* Kubah utama bentuknya menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter.

Sementara 4 kubah kecil lainnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.

* Relief hiasan di atas tempat imam terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid.

* Mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prada atau sisa emas.

* Ruang utama masjid memiliki ukuran 45×57 meter, dapat menampung sebanyak 15.000 jamaah.

* Masjid ini memiliki 6 minaret berbentuk segi enam yang tingginya masing-masing 40 meter. 6 minaret ini dibalut granit abu-abu dari itali dengan ornamen yang

melingkar. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat. Kubah masjid ini mengacu kubah yang digunakan masjid-masjid Persia dan India.

Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia.

* Pada langit-langit kubah terdapat lukisan langit yang warnanya dapat berubah sesuai dengan warna langit pada waktu-waktu sholat dengan menggunakan teknologi tata cahaya yang diprogram dengan komputer.

* Interior masjid ini menampilkan pilar-pilar kokoh yang tinggi menjulang untuk menciptakan skala ruang yang agung. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem, untuk memberi karakter ruang yang tenang dan hangat. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia.

* Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, yang dikerjakan oleh ahli dari Italia.

* Masjid ini merupakan salah satu di antara masjid-masjid termegah di Asia Tenggara.



Emas pada Masjid Dian Al Mahri:

Masjid ini disebut dengan Masjid Kubah Emas, sesuai namanya masjid ini memang menggunakan material emas dengan 3 teknik pemasangan:

- Pertama, serbuk emas (prada) yang terpasang di mahkota/pilar,

- Kedua gold plating yang terdapat pada lampu gantung, ralling tangga mezanin, pagar mezanin, ornamentkaligrafi kalimat tasbih di pucuk langit-langit kubah dan

ornament dekoratif diatas mimbar mihrab,

- Ketiga gold mozaik solidyang terdapat di kubah utama dan kubah menara Setiap kubah memiliki ketebalan emas 2 sampai 3 milimeter. Emas kubah tersebut kemudian dilapisi lagi dengan mozaik kristal.



Mohon Perhatian Bagi Para Pengujung:

Masjid ini terbuka untuk umum, meskipun dibuka untuk umum, namun Masjid Dian Al Mahri tutup pada hari Kamis, karena hari tersebut digunakan untuk keperluan persiapan ibadah shalat Jumat keesokan harinya. Sedangkan pada hari lainnya masjid dibuka pada pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam dan untuk shalat subuh hingga pukul 07.00 pagi.

Pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam masjid. Untuk masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, sehingga kalau berkunjung kesana khususnya kaum hawa harus mengenakan jilbab. Alas kaki/sandal harus dititipkan ke bagian penitipan, dan tidak boleh ditinggal diluar.

Pengunjung dilarang menginjak rumput yang ada di taman sekitar mesjid. Kami sediakan tempat untuk pengunjung ruang serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk istirahat.

Bagi pengunjung yang masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, dan khususnya kaum hawa harus mengenakan jilbab/kerudung.

Alas kaki/sandal harus dititipkan ke bagian penitipan, dan tidak boleh ditinggal diluar. Tempat penitipan alas kaki berada disamping kiri dan kanan tempat wudhlu.





Alamat Mesjid Dian Al Mahri - Kubah Emas :

Jl. Meruyung Raya, Depok

Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar