Rabu, 18 Oktober 2017

Kota Sumpiuh

Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas
(https://goo.gl/maps/uQHpF7gnfCF2)
Kota Sumpiuh merupakan salah satu dari 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Sumpiuh meliputi 13 desa dan satu kelurahan, dengan luas wilayah 60,01 km2. Adapun kisaran luas setiap desa/kelurahan antara 1,60 km2 (Kradenan) sampai 15,83 km2 (Banjarpanepen). Lima desa/kelurahan paling luas wilayahnya berturut-turut Banjarpanepen, Kedanda, Bogangin, Lebeng dan Nusadadi. Sebagian besat wilayah Desa Banjarpanepen dan Bogangin masih diselumuti areal hutan yang dikuasai oleh negara.
Sebagai gambaran persentase penutupan oleh hutan milik negara di Desa Banjarpanepen mencapai 58,16 persen (Kondisi tahun 2016, data dari KC  Dinas Pertanian Kecamatan Sumpih, dalam BPS Kabupaten Banyumas, 2017).

Pada tahun 2016 jumlah penduduk Kota Sumpiuh mencapai 51.392 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 856 jiwa per km2. Kisaran jumlah penduduk setiap desa/kelurahan antara 1.575 jiwa (Karanggendang) sampai 5.840 jiwa (Sumpiuh). Dengan peringkat lima desa/kelurahan berpenduduk paling banyak ialah Sumpiuh, Bogangin, Selanegara, Kebokura dan Kemiri. Sedangkan kisaran kepadatan penduduk setiap desa ialah antara 272 jiwa per km2 (Banjarpanepen) sampai 2.623 jiwa per km2 (Selanegara). Lima desa/kelurahan yang paling padat penduduknya berturut-turut Selanegara, Sumpiuh, Kebokura, Kradenan dan Kemiri,

Adapun batas wilayah Kota Sumpiuh meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Somagede dan Kabupaten Banjarnegara; sebelah timur dengan Kecamatan Tambak dan Kabupaten Kebumen; sebelah selatan dengan Kabupaten Cilacap; serta sebelah barat dengan Kecamatan Kemrajen dan Somagede.

Sumber :
https://banyumaskab.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Kecamatan-Sumpiuh-Dalam-Angka-2017.pdf
https://banyumaskab.bps.go.id/website/pdf_publikasi/Kabupaten-Banyumas-Dalam-Angka-2017.pdf
http://kpu.go.id/dmdocuments/3302_kab_banyumas.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.