Senin, 05 Februari 2018

Menelusuri Kota Liwa - Balik Bukit

Desa/Kel Di Kecamatan Balik Bukit Liwa
(https://lampungbaratkab.bps.go.id/)
Kota Liwa merupakan ibukota Provinsi Lampung Barat. Liwa sendiri merupakan nama salah satu dari 84 marga yang ada di Provinsi Lampung, marga Liwa menempati teritorial Kecamatan Balik Bukit Liwa, salah satu dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Kecamatan Balik Bukit sendiri meliputi 10 desa dan dua kelurahan.

Pusat keramaian Kota Liwa (Kecamatan Balik Bukit) berada di Desa/kelurahan Way Mengaku bagian utara, tepatnya di sekitar Jalan Raya Raden Intan. Di sini pun terdapat Kantor Bupati Lampung Barat dan berbagai dinas-instansi Pemda Lampung Barat; Ada juga Lapangan Pemda Lampung Barat; Masjid Baiturrahim (Masjid Agung) Lampung Barat; Kantor Pos Liwa, dan sebagainya.

Pusat keramaian Kota Liwa juga terdapat di sekitar Desa/Kelurahan Pasar Liwa bagian selatan yang juga dilalui Jalan Raya Raden Intan, Jalan Krui - Liwa, Jalan Gajah Mada, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ryacudu dan sebagainya. Di kawasan ini antara lain terdapat SMAN 2 Liwa dan sebagainya.

Kota Liwa (Sekitar Tugu Liwa - Desa/Kel Kubu Perahu)
(
https://www.google.co.id/)
Pusat keramaian Kota Liwa ada juga di Desa/Kelurahan Kubu Perahu bagian utara, khususnya yang berbatasan dengan Desa/Kelurahan Way Mengaku dan Pasar Liwa. Di kawasan ini antara lain terdapat Pasar Liwa, Terminal Liwa, Tugu Liwa, Masjid Al Manshur Liwa, beberapa kantor bank (seperti BNI Liwa) dan sebagainya. Antara lain dilalui Jalan Raya Krui - Liwa, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Raden Intan; Tugu Liwa terdapat dipertigaan jalan tersebut. Selain itu masih ada Jalan Hasan Basri, Jalan Otista dan Jalan Sultan Akbar.

Kawasan lainnya yang menjadi pusat keramaian Kota Liwa ialah Desa/Kelurahan Sebarus, antara lain dilalui Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Suprapto, Jalan Piere Tandean dan Jalan Lintas Liwa. Di sini antara lain terdapat SMPN 1 Liwa, SMAN 1 Liwa, Puskesmas Liwa, dan sebagainya.

Pusar keramaian selanjutnya ada di Desa/Kelurahan Watas bagian barat - utara, antara lain terdapat Polres Watas, Masjid Islamic Center Baitul Mukhlisin, dan sebagainya. Kawasan ini antara lain dilalui Jalan Raya Lintas Liwa. Pusat keramaian Kota Liwa juga terdapat di Desa/Kelurahan Gunung Sugih bagian barat, khususnya yang dilalui Jalan Lintas Liwa. 

Di pusat keramaian Kota Liwa tersebut tersebar kantor pemerintahan, pusat bisnis, sarana penddidikan dan pemukiman penduduk yang relatif padat. Namun sebagian  wilayah Kecamatan Bukit Balik masih didominasi kawasan hutan seperti di Desa Kubu Perahu, Desa/Kelurahan Way Mengaku bagian selatan; Desa Way Empulau Ulu bagian selatan; dan Desa Bahway bagian utara sampai dengan perbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan (kawasan kaki Gunung Pesegi).


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar