Selasa, 06 Februari 2018

Penelusuran Kota Bakauheni

Kecamatan Bakauheni - Kab Lampung Selatan
(https://goo.gl/maps/eArhemMxjr52)
Nama Bakauheni sudah sangat terkenal, biasanya disandingkan dengan Merak, Bakauheni-Merak; Merak merupakan lokasi di mana terdapat pelabuhan yang menjadi penghubung Pulau Jawa bagian barat dengan Pulau Sumatera bagian selatan. Pelabuhan Merak secara administrasi masuk wilayah Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provinsi Banten. Sedangkan Baukauheni adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan, di mana Pelabuhan Bakauheni berada. Kedua pelabuhan inilah yang menjadi sarana utama untuk penyebrangan orang dan barang antara Pulau Jawa dan Sumatera atau sebaliknya.


Di mana letak Kecamatan Bakauheni ? Ketika kapal penyebrangan atau kapal feri meninggalkan Pelabuhan Merak Kota Cilegon, sebelum sampai di Pelabuhan Bakauheni maka akan terlebih dahulu melalui Pulau Panjurit, Pulau Kandanglunik, Pulau Panjukut, Pulau Kandang Balak, Pulau Dua, Pulau Kelapa, Pulau Sindu dan sebagainya; Secara administrasi pemerintahan pulau-pulau tersebut masuk dalam wilayah Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni. Di sekitar pulau-pulau tersebut ada juga Pulau Rimaubalak, Pulau Rimaulunik dan Pulau Tumpel yang masuk wilayah Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan sebelum mencapai pulau-pulau tersebut ada sebuah pulau yang lebih luas di Selat Sunda,  yaitu Pulau Sangiang yang masuk wilayah Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Desa-desa Di Kecamatan Bakauheni
(https://lampungselatankab.bps.go.id)
Pelabuhan Bakauheni berada di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, tepat di seberangnya terdapat Pulau Kelapa yang berukutan re,atif kecil. Untuk melanjutkan perjalanan melalui darat, setelah Kawasan Pelabuhan Bakauheni maka akan memasuki Jalan Raya Lintas Sumatera yang melalui Desa Bakauheni dan Desa Hata, Kecamatan Bakauheni, untuk selanjutnya masuk wilayah Kecamatan Ketapang, Kecamatan Penengahan dan seterusnya. Ada juga Jalan Raya Lintas Pantai Timur Sumatera, dari Desa Bakauhuni, Kecamatan Bakauhuni berlajut ke Kecamatan Ketapang dan seterusnya.

(https://lampungselatankab.bps.go.id)


Kecamatan Bakauheni meliputi lima desa dengan luas wilayah 57 km2. Jumlah penduduk Kecamatan Bakauheni tahun 2016 sebanyak 23.454 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 411 jiwa per km2.

Luas Desa Bakauheni meliputi 44,18 persen dari luas Kecamatan Bakauheni; Sedangkan jumlah penduduknya 56,66 persen dari penduduk Kecamatan Bakauheni.










Sumber :

http://kpu.go.id/dmdocuments/1801_lampung%20selatan.pdf

https://lampungselatankab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OTk5ZjYwMjNjYjNhZDc1OTQ0MWJiZjMw&xzmn=aHR0cHM6Ly9sYW1wdW5nc2VsYXRhbmthYi5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNy8wOS8yMC85OTlmNjAyM2NiM2FkNzU5NDQxYmJmMzAva2VjYW1hdGFuLWJha2F1aGVuaS1kYWxhbS1hbmdrYS0yMDE3Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wMi0wNiAxNToyMTo0Nw%3D%3D

https://goo.gl/maps/1oSMNYDZajG2

https://goo.gl/maps/eArhemMxjr52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar