Sabtu, 17 Maret 2018

Kota Lahat

Kecamatan Lahat - Kab Lahat
(https://goo.gl/maps/tCanqKYZMuj)
Penelusuran Kota Ke 940

Lahat merupakan salah satu dari 22 kecamatan di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, sekaligus sebagai ibukota kabupaten. Kota Lahat memiliki luas wilayah 238,46 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2016 sebanyak 108.791 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 456 jiwa per km2. Sekitar 27,67 persen penduduk Kabupaten Lahat bermukim di Kecamatan Lahat, dan 72,33 persen bermukim di 21 kecamatan lainnya.
Kota Lahat dilalui Jalan Lintas Tengah Sumatera yang menghubungkannya dengan kota-kota Lubuk Linggau, Muara Enim dan sebagainya.

Kecamatan Lahat meliputi 19 desa dan 16 kelurahan; Kisaran luas setiap desa/kelurahan antara 0,01 km2 (Kelurahan RD PJKA Bdr Agung) sampai 120,13 km2 (Desa Tanjung Payang); Lima desa/kelurahan yang paling luas wilayahnya ialah Desa Tanjung Payang, Kelurahan Kota Baru, Desa Nantal, Kelurahan Pagar Agung dan Desa Ulak Mas. Luas Desa Tanjung Payang meliputi 50,38 persen dari luas wilayah Kecamatan Lahat; Sedangkan luas Kelurahan Kota Baru meliputi 17,36 persen dari luas wilayah Kecamatan Lahat. Dengan demikian luas 33 desa/kelurahan lainnya hanya meliputi 32,26 persen dari luas Kecamatan Lahat.

Kisaran jumlah penduduk setiap desa/kelurahan di Kecamatan Lahat berkisar antara 467 jiwa (Desa Banjar Negara) sampai 11.079 jiwa (Kelurahan Pasar Lama); Lima desa/kelurahan yang paling banyak penduduknya berturut-turut Kelurahan Pasar Lama, Kelurahan Bandar Agung, Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kelurahan Bandar Jaya dan Kelurahan Pagar Agung.

Kepadatan penduduk setiap desa/kelurahan di  Kecamatan Lahat berkisar antara 22 jiwa per km2 (Desa Tanjung Payang) sampai 153.150 jiwa per km2 (Kelurahan Kota Jaya); Lima desa/kelurahan yang paling padat penduduknya berturut-turut Kelurahan Kota Jaya,Kelurahan  RD PJKA Bandar Agung, Kelurahan Bandar Agung, Kelurahan Bandar Jaya dan Kelurahan Talang Jawa Selatan.

Wilayah Kecamatan Lahat cukup luas, jumlah penduduknya sudah melampaui 100.000 jiwa, dan jumlah desa/kelurahan mencapai 35, sehingga pada akhir tahun 2017 dimekarkan menjadi Kecamatan Lahat (Kota Lahat) dan Kecamatan Lahat Selatan; Selain itu Kecamatan Mulak Ulu juga dimekarkan menjadi Kecamatan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai. Dengan demikian jumlah kecamatan di Kabupaten Lahat menjadi 24.

Batas wilayah Kecamatan Lahat meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Musi Rawas dan Kecamatan Merapi Timur; sebelah timur dengan Kecamatan Merapi Timur dan Kecamatan Merapi Barat; sebelah selatan dengan kecamatan Pulau Pinang; dan sebelah barat dengan Kecamata  Gumay Talang.

Memperhatikan perkembangannya yang cukup pesat, dengan potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang memadai, sebenarnya Kota Lahat dapat ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom (daerh otonomi baru), tentu saja terlebih dahulu harus dimekarkan minimal menjadi empat kecamatan.

Sumber :
https://lahatkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=YzI4MmY5ZDZmYTNjZmJiMDJiMTc3MTk5&xzmn=aHR0cHM6Ly9sYWhhdGthYi5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNi8wNy8yOS9jMjgyZjlkNmZhM2NmYmIwMmIxNzcxOTkva2VjYW1hdGFuLWxhaGF0LWRhbGFtLWFuZ2thLTIwMTYuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wMy0xNyAyMjo1MDozNg%3D%3D

http://korankito.com/2017/10/31/mulak-sebingkai-dan-lahat-selatan-resmi-jadi-kecamatan-baru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar