Kamis, 01 Maret 2018

Kota Parakan Salak

Kecamatan Parakan Salak - kab Sukabumi
(https://goo.gl/maps/bV4moG4powN2)
Penelusuran Kota Ke 935

Parakan Salak merupakan salah satu dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Wilayah Kecamatan Parakan Salak meliputi enam desa, dengan luas wilayah 56,26 km2 dan pada tahun 2016 berpenduduk sebanyak 41.338 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 930 jiwa per km2.

Batas Wilayah Kecamatan Parakan Salak meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Bogor; sebelah timur dengan Kecamatan Cidahu dan Parung Kuda; sebelah selatan dengan Kecamatan Parung Kuda; sebelah barat dengan Kecamatan Kalapanunggal dan Kabandungan.


Bagian utara wilayah Kecamatan Parakan Salak merupakan kawasan kaki Gunung Salak, antara meliputi Desa Parakan Salak, Sukakersa dan Sukatani. Di sekitar kawasan tersebut terdapat perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan VIII Parakan Salak.

Wilayah Kecamatan Parakan Salak tidak dilalui jalan raya yang menghubungkan Kota Bogor dengan Kota Sukabumi, untuk menuju Parakan Salak terlebih dahulu melalui Jalan Raya Cidahu atau Jalan Raya Parung Kuda - Pakuwon.

Desa-desa di Kec Parakan Salak
(https://sukabumikab.bps.go.id)
Kisaran jumlah penduduk setiap desa di Kecamatan Parakan Salak antara 6.220 jiwa (Bojongasih) sampai 7.916 jiwa (Parakan Salak). Adapun peringkat desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Parakan Salak, Sukakersa, Bojonglongok, Lebaksari, Sukatani dan Bojongasih.

Kisaran luas wilayah setiap desa antara 2,20 km2 (Bojonglongok) sampai 20,27 km2 (Parakan Salak). Peringkat desa yang paling luas berturut-turut Parakan Salak, Sukatani, Sukakersa, Lebaksari, Bojongasih dan Bojonglongok.

Kisaran kepadatan penduduk setiap desa antara 400 jiwa per km2 (Parakan Salak dan Sukatani) sampai 3.100 jiwa per km2 (Bojonglongok). Peringkat desa yang paling padat penduduknya berturut-turut Bojonglongok, Lebaksari, Bojongasih, Sukakersa, Sukatani dan Parakan Salak.

Sumber :
http://kpu.go.id/dmdocuments/3202_sukabumi.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sukabumi

https://sukabumikab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZDA2ZTg5ZTlhZjUwMmVmMzgyNWJjMjUw&xzmn=aHR0cHM6Ly9zdWthYnVtaWthYi5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNy8wOS8yMC9kMDZlODllOWFmNTAyZWYzODI1YmMyNTAva2VjYW1hdGFuLXBhcmFrYW5zYWxhay1kYWxhbS1hbmdrYS0yMDE3Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wMy0wMSAxNzo0OTo1OQ%3D%3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar