Rabu, 21 Maret 2018

Pusat Keramaian Kota Labuan Bajo - Komodo

Kota Labuan Bajo - Kec Komodo
(https://goo.gl/maps/AveH1NKSuNq)
Labuan Bajo adalah sebuah kota yang belum berstatus otonom, namanya sudah mendunia dan biasanya disandingkan dengan Pulau Komodo yang begitu eksotik. Labuan Bajo sendiri hanya sebuah kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Jika kita jelajah lebih lanjut, antara lain melalui Google Map, pusat keramaian Kota Labuan Bajo tersebar di empat dari 19 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Komodo, yaitu  Desa/Kelurahan Labuan Bajo, Batu Cermin, Wae Kelambu dan Goron Talo.


Keempat desa/kelurahan tersebut kalao digabungkan akan menjadi kawasan seluas 50,01 km2 (sekitar 7,07 persen dari luas Kecamatan Komodo), dengan jumlah penduduk sebanyak  25.798 jiwa (sekitar 50,71 persen dari penduduk Kecamatan Komodo), sehingga kepadatan penduduk kawasan tersebut mencapai 516 jiwa per km2. Bandingkan dengan kepadatan penduduk Kecamatan Komodo yang hanya 72 km2.

Supaya pengelolaan Kota Labuan Bajo lebih efektif dan efisien bisa saja muncul wacana untuk memekarkan Kecamatan Labuan Bajo terpisah dari Kecamatan Komodo, ke depannya untuk persiapan pembentukan Kota Otonom Labuan Bajo. Di sisi lainnya ada juga wacana untuk pemekaran Kecamatan Komodo menjadi Kecamatan Komodo dan Kecamatan Komodo Selatan.

Di Desa/Kelurahan Batu Cermin antara lain terdapat Bandar Udara (Bandara) Internasional Komodo Labuan Bajo (LBJ - Komodo), yang memiliki rute penerbangan dari dan ke Kota Denpasar, Selayar, Ende, Jakarta, Kupang, Bima, Waingapu, Ruteng dan Maumere, dilayani oleh berbagai maskapai termasuk Garuda Indonesia.

Di Desa/Kelurahan  Wae Kelambu terdapat Kantor Bupati Manggarai Barat dan kantor-kantor pemerintahan lainnya. Di Desa Kelurahan Labuan Bajo antara lain terdapat Pelabuhan Labuan Bajo dengan rute dari dan menuju Pelabuhan Bima, Benoa/Denpasar, Bitung, dan sebagainya.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Komodo
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Manggarai_Barat
https://manggaraibaratkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OGY5Y2M5ZmRhMTY2MmI2ZjI2Y2RlZGQy&xzmn=aHR0cHM6Ly9tYW5nZ2FyYWliYXJhdGthYi5icHMuZ28uaWQvcHVibGljYXRpb24vMjAxNy8wOS8yMC84ZjljYzlmZGExNjYyYjZmMjZjZGVkZDIva2VjYW1hdGFuLWtvbW9kby1kYWxhbS1hbmdrYS0yMDE3Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wMy0yMSAxNjowNjoxNQ%3D%3D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar