Kamis, 30 Januari 2014

Kota Cikarang

Situs www.citypopulation.de mencantumkan Cikarang sebagai salah satu kota di Indonesia, dengan jumlah penduduk 712.111 jiwa (tahun 2010). Kalau data penduduk kota-kota di Indonesia dibuat peringkat, maka Kota Cikarang menempati urutan ke 19, terselip di antara kota-kota yang sudah berstatus otonom seperti Denpasar satu peringkat di atasnya, dan Samarinda satu peringkat di bawahnya. Penduduk Kota Cikarang jauh melebihi penduduk kota-kota Cilegon, Serang, Sukabumi, Cimahi dan Banjar yang sudah berstatus otonom.



View Larger Map


Cikarang segera menjadi kota metropolitan kalau jumlah penduduknya sudah melampaui satu juta jiwa sebagaimana Surabaya, Bandung, Bekasi, Medan, Tangerang, Depok, Semarang, Palembang, Makassar dan Tangerang Selatan. Sedangkan kota-kota Bogor, Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung, Malang, Padang dan Denpasar merupakan calon kota metropolotan baru. Adapun Jakarta sudah berstatus kota megapolitan satu-satunya di Indonesia karena sudah berpenduduk lebih dari lima juta jiwa.

Namun ternyata Cikarang sampai saat ini belum berstatus otonom, masih merupakan gabungan dari lima kecamatan yang termasuk wilayah administrasi Kabupaten Bekasi. Kelima kecamatan tersebut ialah Cikarang Pusat, Cikarang Barat, Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Cikarang Selatan.

Jika sudah terbentuk maka Kota Otonom Cikarang akan memiliki batas wilayah, sebelah timur dengan Kabupaten Karawang; sebelah barat dengan Kecamatan Setu dan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi; sebelah utara dengan Kecamatan Cibitung, Karang Bahagia, dan Kedung Waringin (Kabupaten Bekasi), dan sebelah selatan dengan Kecamatan Kecamatan Setu, Serang Baru dan Bojongmangu (Kabupaten Bekasi).

Pertumbuhan Kota Cikarang begitu pesat, terutama didominasi oleh sektor industri, perdagangan dan properti, perkembangannya mirip dengan Kota Tangerang Selatan (Provinsi Banten). Calon kota otonom yang memiliki luas wilayah hampir 200 km2 itu memiliki beberapa kawasan industri seperti Delta Mas, Jababeka, Delta Silicon, Ejip, dan Hyundai. Di sini pun terdapat kota modern seperti Lippo Cikarang, Jababeka dan Delta Mas. Berbagai apartemen, rumah sakit, pusat pendidikan juga banyak dibangun di kawasan ini.

Ya, sebagaimana Kota Tangerang Selatan yang sudah bersatus otonom sejak tahun 2008, sudah selayaknya status otonom pun diberikan untuk Cikarang, tinggal bagaimana masyarakat setempat, pemerintah daerah kabupaten dan provinsi, serta pemerintah pusat menyikapinya.

Sumber :
http://www.kangatepafia.com/2013/09/cikarang-calon-kota-metropolitan-baru.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.