Senin, 27 Januari 2014

Peta Kota Tidore

Kota Tidore merupakan sebuah kota otonom yang berada di Provinsi Maluku Utara. Tidore memiliki sejarah panjang berkaitan dengan masa kejayaan Kesultanan Tidore  (abad 16 - 18). Kota Tidore juga pernah menjadi ibukota propinsi perjuangan Irian Barat. Wilayah Kota Tidore meliputi Pulau Tidore, sebagian Pulau Halmahera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Kota Tidore  memiliki luas wilayah 13.862,86 km2 dengan daratan 9.564,7  km2.  Jumlah penduduk tahun 2012 mencapai 92.564 jiwa, sekitar 60 persen menempati Pulau Tidore dan 40 persen bermukim di daerah Oba (bagian dari Pulau Halmahera).


Secara administratif Kota Tidore meliputi delapan kecamatan dan 72 desa/kelurahan. Kecamatan tersebut meliputi Oba, Oba Selatan, Oba Tengah, Oba Utara, Tidore, Tidore Selatan, Tidore Timur dan Tidore Utara. Di Kecamatan Oba Utara berlokasi Kota Sofifi yang tengah dikembangkan  menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku Utara. Di atas peta Kota Tidore yang bersumber dari pmiicabangtidore.blogspot.com. Wilayah Kota Tidore. Berikut peta Kota Tidore :



View Larger Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.