Senin, 27 Januari 2014

Kota Pangalengan

Pangalengan merupakan sebuah kota kecamatan yang masuk dalam lingkup wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hal yang menarik dari Kota Pangalengan ialah 12 dari 13 desa kelurahannya berada pada ketinggian antara 1.400 - 1.600 di atas permukaan laut (dpl). Hanya satu desa/kelurahan yang berada di bawah ketinggian 1.000 meter dpl, yaitu Lamajang. Desa/Kelurahan Pangalengan sendiri sebagai pusat kota di Kecamatan Pangalengan berada pada ketinggian 1.448 meter dpl.


Kota Pangalengan berhawa sangat sejuk dan memiliki pemandangan alam yang indah, tak heran jika dikenal sebagai ssalah satu daerah tujuan wisata. Di kawasan ini pun banyak terdapat perkebunan milik negara, hortikultura dan peternakan.

Kecamatan Pangalengan secara keseluruhan memiliki luas wilayah 272,95 km2 (sekitar 1,6 kali luas Kota Bandung), merupakan kecamatan paling luas di Kabupaten Bandung. Jumlah penduduk Kota Kecamatan Pangalengan pada tahun 2012 sebanyak 145.773 jiwa, sehingga kepadatan penduduk mencapai 534 jiwa per km2. Adapun penduduk Desa/Kelurahan Pangalengan mencapai 21.528 jiwa. Dengan demikian untuk Desa/Kelurahan Pangalengan saja sudah dapat dikatagorikan sebagai kota kecil (berpenduduk antara 20.000 s.d. 50.000 orang. Umumnya berstatus ibukota kecamatan.). Berikut peta Kota Pangalengan :



View Larger Map

Gambar:
https://maps.google.com/maps?hl=en&tab=wl

Data :
http://bandungkab.bps.go.id/publikasi?kelompok=All&field_publikasi_thn_tid_selective=All

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.