Rabu, 19 Februari 2014

Kota Kamal

Kota Kamal merupakan satu dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangkalan, Madura, Provinsi Jawa Timur. Kota Kamal dikenal memiliki pelabuhan yang berhubungan langsung dengan Pelabuhan Ujung di Kota Surabaya. Setelah Jembatan Suramadu beroperasi Pelabuhan Kamal mengalami penurunan fungsi. Jarak Kota Kamal dengan Kota Surabaya sekitar 10 km dengan lama perjalanan sekitar 30 menit jika menggunakan kapal ferry. Jembatan Suramadu menghubungkan Kota Surabaya dengan Kecamatan Labang, sebelah timur Kota Kamal.


Kota Kamal terletak diujung barat Pulau Madura, wilayahnya berhadapan langsung dengan Kota Gresik dan Kota Surabaya dipisahkan oleh Selat Madura. Batas-batas wilayah Kota Kamal meliputi sebelah barat dan selatan dengan Selat Madura, sebelah timur dengan Kecamatan Labang, dan sebelah utara dengan Kecamatan Socah.

Luas wilayah Kota Kamal 39,25 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 54.433 jiwa, sehingga kepadatan penduduk mencapai 1.387 jiwa per km2. Kota Kamal meliputi 10 desa/kelurahan, yaitu Kamal, Binajuh, Gili Anyar, Gili Barat, Gili Timur, Kebun, Pendabah, Tajungan, Tanjung Jati dan Tellang. Berikut peta Kota Kamal :



View Larger Map

Gambar:
http://ppsp.nawasis.info/dokumen/profil/profil_kota/kab.bangkalan/Peta%20Admin.jpg

Data:
http://bangkalankab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar