Rabu, 23 April 2014

Kota Amlapura

Kota Amlapura merupakan ibukota Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Sebelumnya bernama Kota Karangasem yang merupakan salah satu dari delapan Kecamatan di Kabupaten Karangasem. Sejarah Kota Amlapura dan Karangasem dapat dilihat di sini. Kota Amlapura memiliki luas wilayah 94,23 km2, dengan jumlah penduduk pada tahun 2012 sebanyak 88.019 jiwa atau sekitar 19,25 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Karangasem.
Kepadatan penduduk Kota Amlapura mencapai 934 jiwa per km2, terpadat kedua setelah Kecamatan Sidemen. Data lengkap di sini. 

Kota Amlapura meliputi tiga desa dan delapan kelurahan, yaitu Bugbug, Bukit, Karangasem, Padang Kerta, Pertima, Seraya Barat, Seraya Tengah, Seraya Timur, Tegallinggah, Tumbu, dan Subagan. Kisaran jumlah penduduk Kota Amlapura antara 2.000 - 16.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Karangasem, Subagan, Bugbug, Seraya dan Padankerta.

Adapun batas wilayah Kota Amlapura (Kecamatan Karangasem) sebelah timur dan selatan dengan Selat Lombok; sebelah barat dengan Kecamatan Manggis dan Bebandem; dan sebelah utara dengan Kecamatan Abang. Peta lengkap di sini.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar