Rabu, 16 April 2014

Kota Singaparna

Kota Singaparna merupakan salah satu dari 39 kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Selain Singaparna ada beberapa kota lainnya yang berawalan Singa, yaitu Singapura (Negara Singapura), Singaraja (Di Bali) dan Singajaya (Di Garut). Luas Kota Singaparna 19,45 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2011 mencapai 66.235 jiwa, sehingga angka kepadatan penduduk mencapai 3.405 jiwa per km2.


Singaparna merupakan kecamatan yang paling padat penduduknya di Kabupaten Tasikmalaya, jauh melampaui rata-rata kabupaten yang hanya 624 jiwa per km2, atau sekitar 5,5 kali lipat. Di sisi lainnya Singaparna merupakan kecamatan dengan luas wilayah ketiga paling sempit di Tasikmalaya, yaitu setelah Sukaresik (17,50 km2 dan Jamanis 18 km2).

Batas wilayah Kota Singaparna meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Cigalontang; sebelah selatan dengan Kecamatan Mangunreja dan Sukarame; sebelah timur dengan Kota Tasikmalaya; serta sebelah utara dengan Kecamatan Sariwangi, Leuwisari dan Padakembang.

Kota Singaparna meliputi 10 desa/kelurahan, yaitu Singaparna, Singasari, Sukaherang, Cikunten, Sukaasih, Sukamulya, Cintaraja, Cipakat, Cikadongdong dan Cikunir.


Peta :
Google Map

Data :
Tasikmalayakab.go.id

Peta Kabupaten Tasikmalaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar