Rabu, 23 April 2014

Kota Kintamani

Kota Kintamani merupakan salah satu dari empat kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Kintamani merupakan kecamatan paling luas di Provinsi Bali dengan jumlah desa paling banyak, yaitu meliputi 366,92 km2 atau sekitar 70,45 persen dari luas Kabupaten Bangli, yang terbagi menjadi  48 desa. Wilayah Kintamani meliputi Danau Batur dan Gunung Batur, sehingga menjadi tujuan ekowisata yang utama di Provinsi Bali.

Jumlah penduduk Kintamani pada tahun 2012 mencapai 92.926 jiwa, atau sekitar 42,85 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Bangli. Dengan memperhatikan aspek luas wilayah dan jumlah penduduk selayaknya Kecamatan Kintamani dimekarkan menjadi  tiga kecamatan.

Kisaran jumlah penduduk setiap desa di Kota Kintamani antara 300 - 8.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kintamani, Songan A, Songan B, Sukawana dan Satra.  Daftar desa selengkapnya di sini. Batas-batas wilayah Kota Kintamani meliputi, sebelah barat dengan Kabupaten Badung dan Kabupaten Buleleng; sebelah utara dengan Kabupaten Buleleng; sebelah timur dengan Kabupaten Karangasem; serta sebelah selatan dengan Kecamatan Tembuku, Bangli, Susut dan Kabupaten Karangasem. Peta lengkap di sini.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar