Minggu, 15 Juni 2014

Kota Bintan Timur

Kota Bintan Timur merupakan salah satu dari 10  kecamatan di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Luas wilayah Kota Bintan Timur 461,00 km2 pada tahun 2012 berpenduduk sebanyak 41.530 jiwa. Sebagai catatan, khusus untuk data luas wilayah masih termasuk kedlamnya Luas Kecamatan Bintan Pesisir dan Mantang yang belakangan baru dimekarkan dari Kecamatan Bintan Timur. Sedangkan untuk data jumlah penduduk merupakan penduduk Bintan Timur setelah pemekaran.

Kota Bintan Timur meliputi empat kelurahan yaitu Kijang Kota, Sungai Enam, Sungai Lekop dan Gunung Lengkuas. Sekitar 65 persen penduduk Kota Bintan Timur bermukin di Kijang Kota.

Batas wilayah Kota Bintan Timur meliputi sebelah barat denngan Kota Tanjung Pinang; sebelah utara dengan Kecamatan Toapaya dan Gunung Kijang; sebelah selatan dengan Laut Cina Selatan dan pulau-pulau yang tergabung dalam Kecamatan Mantang; serta sebelah timur dengan Laut Cina Selatan dan pulau-pulau yang tergabung dalam Kecamatan Tambelan.

Dalam perkembangannya Kecamatan Bintan Timur, Bintan Pesisir, Gunung Kijang, Mantang dan Tambelan segera membentuk daerah otonomi tersendiri, yaitu Kabupaten Bintan Kepulauan, yang ibukotanya direncanakan di Kelurahan Kijang Kota ( Hasil Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Provinsi Kepulauan Riau,  mengesahkan pembentukan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Bintan Kepulauan di Ruang Sidang Kantor DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin, 9 Juni 2014 pukul 11.00 WIB)


Peta:

Data: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar