Rabu, 25 Juni 2014

Kota Balikpapan

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Kalimantan, memiliki luas wilayah 503,31 km2, sekitar 89,04 persen di antaranya belum terbangun (hutan, semak belukar, kebun, ladang, sawah, tambak, taman, dan sebagainya), sedangkan yang sudah terbangun 10,96 persen (pemukiman, industri, pergudangan, perdagangan dan jasa, serta tempat pelayanan umum).
Wilayah Kota Balikpapan dikelilingi oleh Selat Makassar di sebelah timur dan selatan; Kabupaten Kutai Kertanegara di sebelah utara; dan Teluk Balikpapan/ Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah barat.

Kota Balikpapan terbagi menjadi lima wilayah kecamatan, yaitu Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur. Jumlah penduduk Balikpapan mencapai 472.671jiwa (tahun 2001), kemudian bertambah menjadi 557.579 jiwa (tahun 2011), kemudian menjadi 678.969 jiwa (2014).

Kepadatan penduduk Balikpapan saat ini mencapai 1.349 jiwa per km2. Kecamatan yang paling padat berturut-turut Balikpapan Tengah, Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur. Kecamatan Balikpapan Tengah merupakan wilayah yang paling sempit, yaitu hanya 11,07 km2; sedangkan yang paling luas ialah Balikpapan Barat yaitu 179,95 km2.

Kota Balikpapan meliputi 27 kelurahan, tersebar di Kecamatan Balikpapan Selatan (tujuh kelurahan), Balikpapan Timur (empat kelurahan), Balikpapan Utara (empat kelurahan), Balikpapan Tengah (enam kelurahan) dan Balikpapan Barat (enam kelurahan). Kelurahan dengan penduduk paling banyak berturut-turut Sepinggan (Kecamatan Balikpapan Selatan), Batu Ampar (Balikpapan Utara), Gunung Bahagia dan Damai (Balikpapan Selatan), serta Muara Rapak dan Gunung Samarinda (Balikpapan Utara).

Peta:


Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar