Rabu, 25 Juni 2014

Pelabuhan Malundung Tarakan

Pelabuhan Malundung Kota Tarakan berada di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), yang wilayah operasinya meliputi Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, semua provinsi di  Pulau Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. Pelabuhan Tarakan masuk dalam katagori kelas II sama seperti  Pelabuhan Pare-pare,  Pantoloan (Palu), Kendari, Ternate dan Jayapura.

Pelabuhan Malundung Tarakan menghubungkan Kota Tarakan dengan kota pelabuhan lain di Indonesia dan Malaysia. Sebagai contoh dengan Kota Balikpapan bisa menggunakan KM Bukit Siguntang dan KM Lambelu (PT Pelni) dengan jadwal keberangkatan tertentu. Begitu pula dengan Kota Nunukan, Pare-Pare, Pantoloan (Palu), Toli-Toli, Kupang, Surabaya  dan kota lainnya.

Pelabuhan Tarakan beralamat di Jln. Yos Sudarso No. 9 Kota Tarakan (masuk dalam wilayah Kelurahan Lingkas Ujung, Kecamatan Tarakan Timur).

Selain Pelabuhan Malundang, di Kota Tarakan terdapat tiga pelabuhan lainnya, yaitu Pelabuhan Tengkayu I (untuk speed boat ke wilayah Kalimantan Utara lainnya); Pelabuhan Tengkayu II (untuk bongkar muat barang); dan Pelabuhan Juwata Laut (untuk penyeberangan Ferry). Pelabuhan Tengkayu I dan II ada di Kecamatan Tarakan Barat; sedangkan Pelabuhan Juwata Laut di Kecamatan Tarakan Utara.

Pencarian Jadwal Keberangkan Kapal (Pelni) dengan Destinasi

Data Pelabuhan Tarakan

Gambar:
http://inaport4.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar