Senin, 16 Juni 2014

Biak Kota

Kota Biak atau Biak Kota merupakan salah satu dari 19 kecamatan (distrik) di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, sekaligus merupakan ibukota kabupaten. Kota Biak memilikui luas wilayah 106,05 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2010 sebanyak 41.255 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 389 jiwa per km2.


Kota Biak merupakan pusat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Biak Numfor, sehingga dihuni oleh sekitar 32,71 persen penduduk kabupaten tersebut. Kota Biak meliputi tujuh kelurahan dan 15 desa, antara lain Inggiri, Sorido, Saramom, Waupnor, Burokub, Fandoi, Mandala, Ambroben, Swapodibo, Mokmer, Paraim Insrom, Samau, Manswam dan Anggraidi. Kelurahan Mandala dan Fandoi tercatat memiliki penduduk paling banyak.

Kota Biak memiliki pelabuhan laut yang mengubungkannya dengan kota-kota Surabaya, Jayapura, Serui, Makassar, dan sebagainya. Kota Biak pun memiliki Bandara Internasional Frans Kaisiepo.  

Batas wilayah Kota Biak meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Yendidori, sebelah selatan dengan Selat Yapen; sebelah timur dengan kecamatan Biak Timur; dan sebelah utara dengan Kecamatan Samafa.


Peta:

Data:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar