Selasa, 09 Januari 2018

Kota Cugenang

Peta Kecamatan Cugenang - Kab Cianjur
(https://goo.gl/maps/qrCMJg3VRTR2)
Penelusuran Kota Ke 904

Cugenang merupakan salah satu dari 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Batas-batas wilayah Kecamatan Cugenang meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Pacet dan Sukaresmi; sebelah timur dengan Kecamatan Mande dan Cianjur; sebelah selatan dengan Kecamatan Cianjur, Cilaku dan Warungkondang; dan sebelah barat dengan Kecamatan Warungkondang dan Kabupaten Sukabumi (Kecamatan Sukabumi).


Bagian barat wilayah Kecamatan Cugenang merupakan kawasan kaki Gunung Gede, antara lain masuk wilayah Desa Sukamulya dan Padaluyu. Kecamatan Cugenang meliputi 16 desa, dengan luas keseluruhan mencapai 52,89 km2.  Kisaran luas setiap desa antara 1,37 km2 (Nyalindung, terletak di bagian tengah Kecamatan Cugenang) sampai 7,07 km2 (Wangunjaya, terletak di ujung timur/timur laut Kecamatan Cugenang); lima desa yang wilayahnya paling luas berturut-turut Wangunjaya, Cijedil, Sarampad, Padaluyu dan Galudra.

Pusat pemerintahan Kecamatan Cugedang terdapat di Desa Cijedil, dengan jarak  desa (kantor desa) terjauh ialah dengan Sukajaya (12,5 km) dan Padaluyu (9,7 km); sedangkan paling dekat dengan desa (kantor desa) Gasol (1,7 km) serta Sukamanah dan Mangunkerta (3,2 km). Desa Cijedil terletak di bagian barat Kecamatan Cugenang dilalui Jalan Raya Puncak - Cianjur.

Kecamatan Cugenang berada pada ketinggian antara 600 m di atas permukaan laut/dpl (Desa Sukamanah) sampai 1.300 m dpl (Desa Sukamulya, sebagian besar wilayahnya berada di kaki Gunung Gede). Selain Desa Sukamulya desa lainnya yang berada pada ketinggian di atas 1.000 m dpl ialah Desa Galudra (sebagian kecil wilayahnya berada di kaki Gunung Gede). Di Desa Sukamulya terdapat Perkebunan Gedeh yang dikelola oleh PTPN VIII yang mengusahakan komoditas teh.

Pada tahun 2016 jumlah penduduk Kecamatan Cugenang sebanyak 103.832 jiwa; dengan kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 4.152 jiwa (Benjot) sampai 8.770 jiwa (Cibeureum); lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Cibeureum, Cijedil, Padaluyu, Sukamanah dan Sarampad. Kepadatan penduduk Kecamatan Cugenang mencapai 1.963 jiwa per km2, dengan kisaran setiap desa antara 827 jiwa per km2 (Wangunjaya) sampai 3.682 jiwa per km2 (Nyalindung); lima desa yang paling padat penduduknya berturut-turut Nyalindung, Sukamanah, Wangunkerta, Gasol dan Cibulakan.

Kecamatan Cugenang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan pariwisata dan agrobisnis, sebagaimana Kota Lembang (Kabupaten Bandung Barat) dan Kota Batu. Kecamatan Cugenang juga berpeluang menjadi bagian dari Kota Cianjur atau Kota Cipanas (jika sudah berstatus kota otonom).


Sumber :
https://cianjurkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MDA5NzYxYjRmNzFhOTg3MGYwMmIyZTc2&xzmn=aHR0cHM6Ly9jaWFuanVya2FiLmJwcy5nby5pZC9wdWJsaWNhdGlvbi8yMDE3LzExLzAyLzAwOTc2MWI0ZjcxYTk4NzBmMDJiMmU3Ni9rZWNhbWF0YW4tY3VnZW5hbmctZGFsYW0tYW5na2EtMjAxNy5odG1s&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wMS0wOSAxNjo1MDo1NQ%3D%3D

http://kpu.go.id/dmdocuments/3203_cianjur.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Cianjur
http://www.puskesmascugenang.com/images/IMG-20170426-WA0002.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar