Selasa, 23 Januari 2018

Kota Wanasalam - Lebak

Kecamatan Wanasalam - Kab Lebak
(Sumber : https://goo.gl/maps/TMrvT6EyEnD2)
Penelusuran Kota Ke 912

Wanasalam merupakan salah satu dari 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Wanasalam berjarak sekitar 99 km arah barat daya dari Kota Rangkasbitung (ibukota Kabupaten Lebak), meliputi wilayah seluas 134,29 km2 dan meliputi 13 desa. Tiga desa di antaranya berada di kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, yaitu : Muara, Wanasalam dan Sukatani.

Wilayah Kecamatan Wanasalam (khususnya Desa Sukatani, Wanasalam dan Muara) dilalui jalan nasional yang menghubungkan kawasan Jawa Barat Selatan (Kabupaten Sukabumi) dengan kawasan Banten Selatan (Kabupaten Lebak dan Pandeglang), tepatnya pada ruas Jalan Binuangeun - Malingping.

Di Kecamatan Wanasalam, tepatnya di Desa Ketapang terdapat Bendungan Cikoncang yang dibangun pada tahun 1980-an dengan luas sekitar 1.805 hektar. Bendungan Cikoncang selain berfungsi sebagai irigasi untuk pesawahan sekitar, juga dikembangkan menjadi sentra produksi ikan tawar, selain itu sebagai salah satu destinasi wisata.

Batas wilayah Kecamatan Wanasalam meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Banjarsari; sebelah timur dengan Kecamatan Malingping; sebelah selatan dengan Samudera Indonesia dan sebelah barat dengan Kabupaten Pandeglang.

Desa-desa tersebut memiliki kawasan pantai yang dapat dijadikan destinasi wisata bahari. Beberapa pantai yang berada di wilayah desa-desa tersebut antara lain : Pantai Binuangeun, Pantai Karang Malang, Pantai Sawah Kabayan, Pantai Muara, Pantai Muara Indah, dan sebagainya.

Peta Desa-desa Di Kec Wanasalam
(Sumber : https://lebakkab.bps.go.id)
Kisaran luas setiap desa di Kecamatan Wanasalam antara 7,13 km2 (Karang Pamidangan) sampai 13,78 km2 (Cisarap); Lima desa dengan wilayah paling luas berturut-turut : Cisarap, Bejod, Wanasalam, Muara dan Parungpanjang. Di Desa Bejod terdapat pusat pemerintahan (kantor kecamatan) Wanasalam, dengan radius ke desa-desa (kantor desa) lain berkisar antara 4,0 km (Parungsari) sampai 10,6 km (Muara dan Karang Pamidangan).

Jumlah penduduk Kecamatan Wanasalam pada tahun 2016 tercatat sebanyak 54.290 jiwa; dengan kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 2.121 jiwa (Karang Pamidangan) sampai 10.818 jiwa (Muara). Lima desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut : Muara, Wanasalam, Bejod, Sukatani dan Parungpanjang. 

Kepadatan penduduk Kecamatan Wanasalam 404 jiwa per km2, dengan kisaran setiap desa  antara 234 jiwa per km2 (Cipeucang) sampai 894 jiwa per km2 (Muara). Adapun lima desa yang paling padat penduduknya berturut-turut : Muara, Wanasalam, Katapang, Sukatani dan Bejod.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar