Minggu, 20 Mei 2018

Beberapa Catatan Menarik Tentang Kota Pakem

Kota Pakem berstatus kecamatan di bawah pemerintahan Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Info Kota Kita memasukan Pakem sebagai kota karena jumlah penduduknya sudah melampaui 20.000 jiwa (berdasarkan klasifikasi kota yang dibedakan secara numerik, kota kecil berpenduduk 20.000 - 50.000 jiwa, umumnya berstatus kecamatan).  Kota Pakem memilki beberapa catatan menarik, antara lain posisinya sebagai kecamatan yang letaknya paling utara di Provinsi DIY. Berikut suasana di sekitar Jalan Kaliurang, Pakem.




Wilayah Kota Pakem menjorok ke utara berbatasan langsung dengan tiga kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Magelang, Wonosobo dan Klaten dengan batas alam Gunung Merapi. Keberadaan Gunung Merapi yang sebagian lerengnya berada di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Pakem menjadi daya tarik sendiri, antara lain sebagai obyek wisata vulkanologi.

Di wilayah Yogyakarta dikenal adanya Jalan Kaliurang, ujung Jalan Kaliurang tersebut berada di Kota Pakem. Kaliurang sendiri menjadi nama salah satu Taman Wisata di Kecamatan Pakem. Selain itu Di Kecamatan Pakem juga terdapat Museum Gunung Api Merapi, Museum Ullen Sentalu, Taman Gardu Pandang Kaliurang dan Taman Nasional Gunung Merapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar