Kamis, 10 Mei 2018

Kota Kepahiang

Kecamatan Kepahiang - Kab Kepahiang
(https://goo.gl/maps/uwMTcB6q31H2)
Penelusuran Kota Ke 954

Penelusuruan kota kali ini tiba kembali di Provinsi Bengkulu, ada satu kota yang cukup menarik untuk dijelajahi, Kepahiang. Kota Kepahiang berstatus sebagai salah satu dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Kepahiang, sekaligus menjadi ibukota kabupaten tersebut. Kabupaten Kepahiang sebelumnya merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong (tahun 2004). Sebagian besar penduduk Kabupaten Kepahiang merupakan Suku Rejang, suku bangsa terbesar di Provinsi Bengkulu.


Kecamatan Kepahiang meliputi 16 desa dan tujuh kelurahan; Ketujuh kelurahan tersebut ialah Pasar Ujung, Pensiunan, Pasar Kepahiang, Dusun Kepahiang, Kampung Pensiunan, Pasar Sejantung dan Padang Lekat. Ibukota Kecamatan Kepahiang terdapat di Kelurahan Pasar Ujung. Desa yang paling jauh jaraknya ke ibukota kecamatan ialah Pagar Gunung (6,5 km).

Kota Kepahiang 
(http://peta-kota.blogspot.co.id)
Pada tahun 2016 jumlah penduduk Kecamatan Kepahiang sebanyak 44.298 jiwa, menempati wilayah seluas 71,91 km2, sehingga kepadatan penduduknya 616 jiwa per km2.

Fasilitas pendidikan dan kesehatan yang ada di Kecamatan Kepahiang ialah terdapat tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK); dua Sekolah Menengah Atas (SMA); tiga Madrasah Aliyah (MA); 26 kursus berbagai keterampilan (14 di antaranya kursus komputer); satu Rumas Sakit; dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas, masing-masing di Kelurahan Pasar Kepahiang dan Desa Kelobak); 19 Posyandu; dan 19 Polindes.

Adapun batas wilayah Kecamatan Kepahiang meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Ujang Mas dan Kabawetan; sebelah timur dengan Kecamatan Tebat Karai' sebelah selatan dengan Kecamatan Seberang Musi dan Kabupaten Bengkulu Utara; serta sebelah barat dengan Kabupaten Bengkulu Utara.

Sumber :
http://kpu.go.id/dmdocuments/1700_Provinsi.pdf
http://1.bp.blogspot.com/-2PjItUXR860/TlHWg--_L1I/AAAAAAAAA50/L_cXFjcnQQ0/s3600/peta+kepahiang.jpg
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kepahiang
https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Rejang
https://kepahiangkab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=OGQyNjY4MTg4NGY0YzRhNjc2YmM4MTcw&xzmn=aHR0cHM6Ly9rZXBhaGlhbmdrYWIuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTcvMDkvMjYvOGQyNjY4MTg4NGY0YzRhNjc2YmM4MTcwL2tlY2FtYXRhbi1rZXBhaGlhbmctZGFsYW0tYW5na2EtMjAxNy5odG1s&twoadfnoarfeauf=MjAxOC0wNS0xMSAwOTo0ODo0OQ%3D%3D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar