Sabtu, 20 Juni 2020

Singgah Di Kota Mukomuko

Peta Kota Mukomuko
(Sumber : Kec Mukomuko dalam Angka 2019. BPS Kab Mukomuko (2019)
Penelusuran Kota Ke 973

Klik > Tour Kota Mukomuko Melalui Peta dan Satelit

Penelusuran kota di Indonesia oleh KotaKita.com kali ini memasuki kota ke 973. Kota mana lagi hayoo yang kita singgahi ? Ya, tepat Kota Mukomuko (sudah ada di judul artikel hehe..). Lantas di mana letak Kota Mukomuko tersebut ? Di era yang serba canggih ini beragam aplikasi pencarian kota atau tempat banyak tersedia, di antaranya dengan Google Map. Ketik Mukomuko City (selain itu ada juga Mukomuko Regency alias Kabupaten Mukomuko). Beberapa detik kemujdian akan muncul "penampakan"  terpampang peta wilayah (bisa juga versi satelit dengan cara klik satelite).


Kota Mukomuko terletak di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Pulau Sumatera. Keberadaannya di sebelah timur Pantai Sumatera, dilalui Jalan Raya Bengkulu - Pandang (Lintas Timur Sumatera). Kota Mukomuko berstatus kecamatan dan menjadi ibukota Kabupaten Mukomuko, salah satu dari sepuluh daerah otonom yang ada di Provinsi Bengkulu.

Sebagai catatan Kabupaten Mukomuko letaknya berada paling utara di Provinsi Bengkulu, merupakan daerah otonom terluas kedua di Provinsi Bengkulu, yaitu setelah Kabupaten Bengkulu Utara. Kabupaten Mukomuko wilayahnya dikelilingi wilayah Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Samudera Indonesia dan Kabupaten Bengkulu Utrara. Kabupaten Mukomuko merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2003. Penduduk asli wilayah ini ialah Etnis Minang Mukomuko yang secara adat, bahasa dan budaya hampir sama dengan penduduk Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Saat ini Kabupaten Mukomuko meliputi 15 kecamatan, tiga kelurahan dan 148 desa.

Kembali ke.... Kota Mukomuko. Kota Mukomuko merupakan pusat pertumbuhan ekonomi dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Pada tahun 2019 jumlah penduduk Kota Mukomuko sebanyak 20.809 jiwa (BPS Kab Mukomuko(2020), merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di Kabupaten Mukomuko, yaitu setelah Kecamatan Penarik (26.475 jiwa). Kota Mukomuko memiliki luas wilayah 148,07 km2, sehingga kepadatan penduduknya sekitar 179 jiwa per km2. Sebagai catatan luas Kabupaten Mukomuko mencapai 4.146,52 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2019 sebanyak 193.881 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 47 jiwa per km2.

Kota Mukomuko meliputi tiga kelurahan, yaitu Pasar Mukomuko, Koto Jaya dan Bandar Ratu; serta enam desa, yaitu Pasar Sebelah, UjungPadang, Pondok Batu, Tanah Rekah, Selagan Jaya dan Tanah Harapan. Desa dan kelurahan yang berada di kawasan pesisir yaitu Pasar Mukomuko, Ujung Padang, Pasar Sebelah, Koto Jaya dan Bandar Ratu; Sedangkan desa dan kelurahan yang tidak memiliki pantai ialah Tanah Rekah, Pondok Batu, Selagan Jaya dan Tanah Harapan. Adanya kawasan pantai dan pesisir menjadi destinasi wisata yang cukup menarik, antara lain Pantai Indah Mukomuko (Kelurahan Koto Jaya).

Kota Mukomuko dilengkapi fasilitas Bandar Udara Mukomuko yang terletak di Kelurahan Bandar Ratu; sejak tahun 2010 beroperasi secara komersial, melayani route penerbangan dari dan ke Kota bengkulu serta Kota Padang, menggunakan maskapai penerbangan Susi Air, Wings Air dan Aviastar Mandiri.

Kota Mukomuko dilalui oleh Sungai Selagan yang bermuara di wilayah Kelurahan Koto Jaya. Namun ternyata terjadi erosi dan pendangkalan sungai di kawasan tersebut yang antara lain dapat mengganggu aktivitas nelayan. Selain itu menyebabkan sisa benteng peninggalan pemerintah kolonial Inggris "Fort Van Anna" masuk ke badan sungai.

Kota Mukomuko memiliki batas wilayah sebelah utara dengan Kecamatan XIV Koto, Air Manjuto, dan V Koto; Sebelah timur dengan Kecamatan Teras Terunjam dan Air Dikit; serta sebelah selatan dengan Samudera Indonesia. Pusat keramaian Kota Mukomuko berada di sepanjang Jalan Trans Sumatera . Nah sampai di sini dulu perjalanan di Kota Mukomuko, sampai jumpa ! (Atep Afia Hidayat).


Referensi :
https://www.kemendagri.go.id/files/2019-05/Kode&Data%20Wilayah/17._bengkulu.fix_.pdf
Kabupaten Mukomuko dalam Angka 2020. BPS Kab Mukomuko (2020).
https://mukomukokab.bps.go.id/publication/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Mukomuko
http://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_15013497635._B_4_Profil_Wilayah_mukomuko.pdf
Kecamatan Mukomuko dalam Angka 2019. BPS Kab Mukomuko (2019).
https://mukomukokab.bps.go.id/publication/
https://www.antaranews.com/berita/1271995/erosi-sebabkan-benteng-peninggalan-inggris-di-mukomuko-masuk-sungai
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Mukomuko



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.