Sabtu, 25 Januari 2014

Kota Sumber

Kota Sumber merupakan kota yang berstatus kecamatan dan menyandang status sebagai ibukota Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Di kota ini terdapat  terdapat Kantor Bupati, Kantor DPRD, Pengadilan Negeri, Kejaksaaan, Kantor Polres, dan dinas instansi lainnya.

Jumlah penduduk Kota Sumber mencapai 86.313 jiwa (tahun 2013) menempati wilayah seluas 25,65 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 3.365 jiwa per km2.

Kota kecamatan Sumber meliputi 14 desa/kelurahan, yaitu  Sumber, Gegunung, Kaliwadas, Kemantren, Kenanga, Matangaji, Pasalakan, Pejambon, Sendang, Sidawangi, Tukmudal, Watubelah, Babakan dan Perbutulan. Kisaran jumlah penduduknya antara 3.000 - 12.000 jiwa, dengan peringkat penduduk paling banyak berturut-turut Tukudal, Sumber, Kenanga, Kaliwadas dan Pasalakan.

Kota Sumber terletak di sebelah barat Kota Cirebon, memiliki batas wilayah di sebelah barat dengan Kecamatan Dukupuntang, Depok dan Plumbon; di sebelah utara dengan Kecamatan Weru dan Tengahtani; di sebelah timur dengan Kecamatan Talun; dan sebelah selatan dengan Kabupaten Majalengka.

Data dan peta :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar