Senin, 03 Februari 2014

Kota Melaya

Kota Melaya berstatus kecamatan dalam wilayah Kabupaten Jembrana. Kedudukan Melaya menjadi sangat penting karena di wilayah ini terdapat Pelabuhan Gilimanuk yang menghubungkan Pulau Bali dengan Pulau Jawa, sekaligus menjadi pintu gerbang dari laut untuk Bali bagian barat. Kota Melaya mememiliki luas wilayah 197,29 km2 dengan jumlah penduduk 51.590 jiwa (tahun 2013), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 262 jiwa per km2.


Luas wilayah Melaya mencapai 23,44 persen dari luas Kabupaten Jembrana, sedangkan jumlah penduduknya mencapai 19,25 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Jembrana. Kota Melaya meliputi satu kelurahan dan sembilan  desa, yaitu  Melaya, Gilimanuk, Blimbingsari, Candikusuma, Ekasari, Manistutu,  Nusa Sari, Tukadaya, Tuwed dan Warnasari. Kisaran jumlah penduduk setiap kelurahan/desa antara 700 - 11.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Melaya, Gilimanuk, Manistutu, Tukadaya dan Candikusuma.

Adapun batas wilayah Kota Melaya ialah sebelah utara dengan Kabupaten Buleleng; sebelah barat dengan Selat Bali; sebelah selatan dengan Selat Bali dan  Kecamatan Negara; dan sebelah timur dengan Kecamatan Negara.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar