Rabu, 04 Juni 2014

Kota Sungguminasa

Kota Sungguminasa merupakan ibukota Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini terletak di Kecamatan Somba Opu salah satu dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa. Jika merujuk pada data-data Kecamatan Somba Opu, maka luas wilayah Kota Sungguminasa sekitar 28,29 km2 dengan jumlah penduduk 133.784 jiwa (tahun 2010), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 4.763 jiwa per km2. Perkembangan Sungguminasa atau Somba Opu tidak terlepas dari imbas pertumbuhan Makassar sebagai kota metropolitan. Selain Somba Opu ada tiga kecamatan lain di Kabupaten Gowa yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar, yaitu Barombong, Palangga dan Pattalasang.


Kota Sungguminasa sebelumnya merupakan pusat Kerajaan Gowa, di sini terdapat Istana Balla Lompoa, dan makam Sultan Hasannudin beserta keturunan dan para leluhurnya. Selain itu terdapat  Masjid Al-Hilal (Masjid Agung Syeh Yusuf atau Masjid Katangka), yang berlokasi di Kelurahan Katangka. Masjid tersebut merupakan masjid yang pertama didirikan di Sulawesi Selatan, yaitu tahun 1603.

Batas-batas wilayah Kota Sungguminasa (Kecamatan Somba Opu) meliputi, sebelah utara dengan Kota Makassar; sebelah barat dengan Kecamatan Palangga; sebelah selatan dengan Kecamatan Palangga dan Bontomaranu; sebelah timur dengan Kecamatan Bontomaranu dan Patallasang.

Adapun Kecamatan Somba Opu meliputi 14 desa/kelurahan, yaitu Sungguminasa, Bonto Bontoa, Tamarunang, Tompobalang, Paccinongan, Samata, Katangka, Tombolo, Pandang Pandang, Kalegowa, Batangkaluku, Romangpolong, Bontoramba dan Mawang.

Peta :


Data:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar