Rabu, 04 Juni 2014

Kota Makassar

Kota Makassar yang sempat menyandang nama Ujung Pandang, merupakan kota otonom yang berstatus sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota terbesar di Indonesia bagian timur. Kota  Makassar meliputi  14 kecamatan dan 143 kelurahan.  Keempat belas kecamatan tersebut ialah Makassar, Mariso, Mamajang, Tamalate, Rappocini, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala, Ujung Tanah,
Tallo, Panakkukang, Manggala, Biringkanaya dan Tamalanrea. Tujuh kecamatan di antaranya berbatasan dengan Selat Makassar,  yaitu kecamatan Tamalate, Mariso, Wajo, Ujung Tanah, Tallo, Tamalanrea dan Biringkanaya.


Secara keseluruhan luas wilayah Kota Makassar mencapai 175,77 km2 yang meliputi wilayah daratan dan 11 pulau di Selat Makassar,  dengan jumlah penduduk tahun 2011 mencapai 1.352.126 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 7.693 jiwa per km2. Kecamatan yang  paling banyak penduduknya ialah Tamalate, Biringkanaya dan Rappocini. Sedangkan kecamatan yang memiliki wilayah paling luas ialah Biringkanaya (27,43 persen dari luas Kota Makassar), Tamalanrea (18,12 persen), dan Manggala (13,17 persen).

Batas wilayah Kota Makassar meliputi sebelah barat degan Selat Makassar; sebelah utara dan timur dengan Kabupaten Maros; sebelah timur dengan Kabupaten Maros;  serta sebelah selatan dengan Kabupaten Gowa dan Takalar.

Peta:
http://ppsp.nawasis.info/
https://maps.google.com/
http://www.makassarkota.go.id/

Data:
http://makassarkota.bps.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar