Rabu, 02 Juli 2014

Kota Cimenyan

Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat meliputi 31 kecamatan, satu kecamatan di antaranya berpenduduk lebih dari 200 ribu jiwa (Kecamatan Baleendah), dan terdapat 16 kecamatan berpenduduk lebih dari  100 ribu jiwa dan kurang dari 200 ribu jiwa, satu di antaranya ialah  Cimenyan. Kota Cimenyan berpenduduk sebanyak 109.834 jiwa (tahun 2012), menempati wilayah seluas 53,08 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.069 jiwa per km2.


Keberadaan Kota Cimenyan sebenarnya merupakan penyangga untuk Kota Bandung sebagai kota metropolitan, antara lain merupakan kawasan resapan air. Kota Cimenyan meliputi dua kelurahan dan tujuh desa. Kelurahan/desa dengan jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Cibeunying, Padasuka, Cimenyan, Ciburial dan Cikadut. Sekitar 30 persen penduduk Kota Cimenyan tinggal di Kelurahan Cibeunying.

Batas-batas wilayah Kota Cimenyan meliputi sebelah selatan dan barat dengan Kota Bandung; sebelah timur dengan Kecamatan Cilengkrang; dan sebelah utara dengan Kabupaten Bandung Barat (Kecamatan Lembang).

Peta:


Data:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar